Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kiat Membangun Website Usaha Kecil Menengah

Jika dilihat tren bisnis dari tahun ketahun, sepertinya bisnis kedepannya akan beralih dari dunia nyata ke dunia maya. Karena itu sangat penting bagi anda yang bergerak dalam usaha kecil menengah untuk membangun website usaha kecil menengah sebagai aset masa depan. Sekecil apapun bisnis anda sekarang, pastikan anda memiliki visi ke depan untuk memperbesar bisnis anda.

Inilah beberapa kiat membangun website usaha kecil menengah untuk anda. !

Website adalah aset. Sumber Unsplash


1. Tentukan tujuan utama situs web

Berbagai website dibangun memiliki tujuan masing-masing. Ada yang sekedar tempat unruk berbagi pengalaman. Untuk menjual sesuatu atau sebagai ‘kantor online’ yang memberikan playanannya melalui website yang dibangun. Ketika anda membangun website usaha kecil menengah maka hal yang pertama kali diperlukan adalah, untuk apa website dibangun.

Langkah ini berkaitan erat dengan langkah selanjutnya, karena itu pastikan langkah pertama anda benar. Jika anda bermaksud menawarkan atau menjual sesuatu, maka anda bisa membuat konsep website seperti marketplace. Atau jika anda menawarkan pelayanan jasa, maka bangun website dengan disertai landing page yang tepat.

2. Pilih Nama Domain Yang Tepat

Nama domain sangat penting bagi keberadaan website. Domain seperti halnya sebuah brand, URL inilah yang nanti akan anda ingat dan bagikan ke khalayak ramai. Karena itu anda diharuskan memilih nama domain dengan tepat. Selain itu opemilihan ekstensi juga akan mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen.

Jika usaha keci anda sudah memiliki badan hukum, maka artinya sudah memiiki nota pendirian. Anda bisa menambahkan ekstensi .co.id sebagai domain perusahaan resmi untuk website usaha kecil menegah anda. Dengan ekstensi tersebut orang cenderung percaya bahwa perusahaan tersebut benar-benar real. Selain itu anda bisa memilih domain dengan dua jalan.

Yang pertama anda bisa memilih domain berdasarkan nama usaha anda. Misalnya pandawamandiri.com, nama tersebut menggambarkan perusahaan dengan nama pandawa mandiri. Kedua adalah domain yang menunjuk unit usaha dengan spesialisasi tertentu, seperti sewasepatumurah.com maka website ini menggambarkan unit usaha persewaan sepatu dengan harga murah.

3. Pilih Paket Hosting

Di dalam pembuatan website maka diperlukan hosting selain domain. Jika domain adalah semacam alamat yang dipilih, maka untuk hosting adalah tempat untuk menyimpan segala data yang dibutuhkan dalam pembuatan website. Berbagai data dan konten di website ada pada hosting yang kapasitas penyimpanannya bermacam-macam ukuran, sesuai dengan kebutuhan.

Jika website usaha kecil menengah anda hanyalah website semacam landing page, maka tidak memerlukan hosting dengan kapasitas yang besar. Biasanya penyedia jasa pembuatan website profesional menyediakan paketan domain dan hosting dengan bermacam varian harga. Pilihlah penyedia jasa pembuatan website yang sudah terkenal dan terpercaya.

4. Bangun Halaman Web Anda

Setelah desain website sudah jadi dan website sudah siap diisi konten, maka anda harus serius dalam menggarapnya. Sebaiknya jangan membuat website dengan halaman statis. Pastikan website memiliki banyak halaman yang dibutuhkan. Menu blog perlu dipasang, karena konten blog bisa memberikan penjabaran tentang produk anda. Selain itu blog menjadi semacam media pemberitahuan segala hal tentang usaha anda kepada khalayak ramai. Ada beberapa halaman dan fitur yang perlu diperhatikan.

Halaman kontak

Halaman kontak adalah sarana jalur komunikasi antara pengunjung website dengan anda. Pastikan anda memasukkan sebanyak mungkin informasi mengenai diri anda seperti nomor telepon, alamat email, dan lokasi.

Tentang kami

Pada halaman ini anda bisa menjabarkan sejarah perusahaan anda. Selain itu anda bisa memberi gambaran mengenai perusahaan anda, visi misi dan rencana ke depan. Anda bisa memberikan gambaran yang bersifat persuasif, artinya buat pengunjung website menjadi percaya kepada anda dengan hanya mengunjungi halaman tentang kami.

Halaman home

Perjelas tentang apa yang dilakukan bisnis anda dan gambarkan bisnis anda menjadi pernyataan yang jelas, singkat, dan mudah dimengerti. Pengunjung harus dapat memahami apa yang anda ulas dalam beberapa detik setelah mendarat di halaman depan website. Beberapa halaman yang ditulis dengan baik lebih efektif daripada lusinan halaman yang ditulis dengan buruk.

Call to action

Buat halaman landing page yang bisa mempegngaruhi pengunjung website untuk melakukan sesuatu. Halaman ini merupakan halaman penentu, apakah pengunjung akan bertindak atau tidak. Karena itu buatlah halaman dengan kata-kata persuasif. Pada halaman inilah terdapat tombok CTA yang bisa anda kemas dengan sebagus mungkin. Tombol tersebut bisa menuju chat WA, Email atau telepon. Jika pengunjung website mengklik tombol tersebut, anda tinggal melakukan follow up.

5. Tes dan Publikasikan Situs Web Anda

Jika semua sudah selesai anda bisa melakukan test website dengan mencoba membuka website dengan memakai berbagai browser. Pastikan tab menu bisa berfungsi dengan baik. Pastikan berbagai fitur bisa digunakan dan berbagai konten dapat terlihat jelas. Anda juga perlu untuk melihat tata letak website, apakah sudah sesuai dengan keinginan.

Selain itu anda sebaiknya memperhatikan kecepatan pemuatan halaman. Jika terlalu lama memuat, anda bisa mengecek kembali desain tema. Kecepatan pemuatan ini juga dipengaruhi oleh paket hosting yang anda pilih. Jika sudah siap semuanya maka anda tinggal menerbitkan website anda dan memikirkan langkah selanjutnya.

6. Lakukan Langkah Optimasi

Secara sederhana anda bisa mengoptimalkan publikasi website melalui media sosial, apakah Facebook, Twitter, LinkedIn, Pinterest, atau media lainnya. Itulah cara mudah terbaik untuk meningkatkan jangkauan pengunjng website dan mengingatkan klien. Setiap kali Anda memperbarui situs web anda,anda bisa memosting hal tersebut dalam bentuk postingan di media sosial.

Sertakan tautan ke media sosial di situs web anda. Hal ini untuk mempermudah pengguna internet menemukan akun media sosial perusahaan milik anda. Untuk langkah kedepan yang lebih efektif, anda bisa juga menggunakan strategi optimisasi mesin pencari (SEO) yang kuat pada website anda. Brbagai jasa SEO profesional bisa anda percaya untuk langkah ini.

7. Pelihara situs anda

Website adalah aset terpenting di masa depan. Ketika semua transaksi dan hubungan lebih banyak dilakukan dengan cara daring. Karena itu ketika anda memutuskan membangun website, maka pikirkan keberlangsungan website ke depannya. Karena itu perawatan secara rutin dari website yang anda bangun sangatlah penting. 

Membangun website butuh perawatan. Sumber Unsplash


Untuk perawatan dan pemeliharaan situs website, ada banyak hal yang perlu dilakukan. Seperti selalu mengupdate konten, memperbiaki bugs atau eror, melindungi dari serangan hacker atau malware dan sebagainya. Dengan demikian website akan selalu terlihat aktif, hal ini akan menjadikan mesin pencari memperhitungkan website anda dan peringkat website di mesin pencari senantiasa terjaga.

Itulah beberapa tips membangun website usaha kecil menengah yang bisa kami ulas. Ketika anda memutuskan untuk membangun website, paling tidak anda harus memikirkan pengeluaran rutin yang dibutuhkan. Alokasikan dana anggaran anda dengan rutin untuk masalah ini. Semoga artikel ini membantu anda dalam menapaki langkah bisnis selanjutnya, dan jangan lupa membaca artikel kami lainnya tentang peluang bisnis di daerah wisata. Terimakasih.

Post a Comment for "Kiat Membangun Website Usaha Kecil Menengah "