Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Marketing Property #3 : Memaksimalkan Peluang Bisnis Property

Bisnis property adalah bisnis yang digandrungi banyak orang. Bagaimana tidak, dalam satu transaksi melibatkan uang dalam jumlah yang besar dan menggiurkan. Namun untuk terjun ke bisnis ini harus memiliki kemampuan lebih. Anda harus mampu memaksimalkan peluang bisnis property agar bisnis tetap berjalan dan stabil.

Jangan pernah berpikir bahwa bisnis property adalah bisnis yang jarang terjadi kesepakatan namun jika terjadi kesepakatan akan menghasilkan banyak uang sehingga bisa menutupi kekosongan kesepakatan di periode tertentu. Memang bisnis property memberikan banyak keuntungan, tetapi itu tidak menutup kemungknan untuk bisa terjadi kesepakatan secara terus menerus.

Anda harus sebisa mungkin menciptakan kesepakatan dengan klien. Dengan demikian keuangan anda akan semakin mantap dan anda bisa memikirkan bisnis jangka panjang. Jika hal ini belum terjadi anda hanya akan memikirkan nasib bisnis anda di hari ini saja, dan bayangan bisnis kedepannya menjadi samar. 

Peluang Bisnis Property
Property adalah bisnis yang menggiurkan. Sumber bsdcity.com


1. Pastikan Ada Prospek

Jika anda tidak memiliki prospek baru (klien baru) yang masuk, maka anda akan mengalami masalah kedepannya. Anda harus memiliki pasokan prospek baru yang masuk secara konstan. Bahkan jika anda sudah melakukan penjualan, anda masih perlu mengusahakan klien atau prospek baru di samping anda juga perlu membangun loyalitas konsumen.

Jika anda tidak menemukan calon pembeli baru maka anda berpotensi tidak akan mendapatkan pemasukan di periode berikutnya. Untuk kedepannya agar senantiasa stabil anda perlu konsisten dalam berproduksi. Proses ini bisa memakan waktu beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Selama periode ini, anda bisa menjadi frustrasi dan tidak termotivasi karena kurangnya prospek yang masuk. Karena itu pastikan anda harus selalu menyediakan waktu untuk mendapatkan prospek baru.

2. Terjadwal dan Tertarget

Katika anda semakin sibuk dengan bisnis anda maka anda akan kesulitan untuk mengatur waktu. Kondisi ini akan menjadikan anda tidak segera memulai gerilya mendapatkan prospek baru. Anda akan merasa kekurangan waktu, tidak memiliki cukup waktu dan berbagai alasan lainnya yang menyebabkan tidak segera bertindak.

Sebelum tidur setiap malam, anda harus membuat daftar segala hal yang perlu anda lakukan keesokan harinya. Mengapa harus malam hari ? Karena ketika malam hari pikiran anda lebih rileks. Setelah anda bangun dan memulai, anda dapat langsung mulai mengerjakannya.

Semakin teratur dengan kegiatan yang anda lakukan, semakin besar peluang anda untuk mencapai semua yang anda ingin lakukan, termasuk tersedianya alokasi waktu untuk mencari prospek. Selain itu pastikan rencana anda benar-benar tertarget.

3. Membangun Jaringan

Aktifitas pemasaran yang menjadikan perolehan prospek mungkin hasil dari jerih payah anda, tetapi anda tidak akan pernah bisa melupakan jaringan anda. Anda bisa memulai untuk bergabung ke komunitas pebisnis property setelah bekerja seharian. Mungkin anda dengan mudah dapat melupakan jaringan atau komunitas anda dan bermain sendiri.

Namun setiap kali anda melupakan pertemuan dengan komunitas, maka anda akan ketinggalan berita, aturan main dan berbagai trik terbaru seputar bisnis property. Beberapa investor lain yang lebih mengetahui akan menggantikan anda dan anda melewatkan upaya memperbesar peluang bisnis property.

Membangun jaringan tidak selalu mudah, apalagi ketika anda lelah atau frustrasi akan perkembangan bisnis anda. akan tetapi membangun jaringan adalah perkara penting dalam membuka peluang bisnis property. Semakin banyak orang yang anda kenal dan semakin banyak orang yang mengenal anda, maka semakin besar kemungkinan anda untuk memperoleh peluang bisnis property.

4. Skala Prioritas Pekerjaan

Urutkan skala prioritas pekerjaan dengan tepat. Letakkan prioritas pertama dengan menyesuaikan target anda. Target pemasaran property tentu saja adanya orang yang membeli property dan melakukan kesepakatan jual beli. Karena itu jika anda sudah mengerjakan sesuatu dengan fokus dan datang tanda-tanda adanya deal maka urus terlebih dahulu hal ini.

Jangan sampai anda melewatkan komunikasi anda dengan orang yang nantinya akan melakukan kesepakatan dengan anda. Angkat panggilannya, janjikan untuk bertemu dan buat kesepakatan. Dengan anda melewatkan kesempatan ini karena sibuk dengan pekerjaan lain, anda bisa berpotensi kehilangan satu peluang terbaik.

5. Bangun Tim Terbaik

Jika anda punya waktu untuk fokus mencari prospek dan upaya lain agar ada deal di periode tertentu maka sebaiknya anda memiliki tim yang kompeten yang dapat melakukan pekerjaan mereka. Jangan sia-siakan waktu anda dengan mengemudi ke proyek properti untuk memeriksa pekerjaan kontraktor anda.

Anda sebaiknya mencari orang terbaik untuk di delegasikan. Anda bisa melakukan hal lainnya yang lebih penting dan lebih mendesak daripada hanya melihat proses pembangunan proyek anda. Pastikan anda menempatkan orang yang baik di posisi yang anda percayakan untuk ditempati baik itu di bagian teknis pembangunan, bagian marketing property dan sebagainya. 

Bangun peluang bisnis. Sumber Unsplash

Bisnis property akan berjalan dengan aman dan stabil jika mampu membuat kesepakatan berikutnya sebelum anda menyelesaikan transaksi yang sedang anda kerjakan. Akan selalu ada penurunan kecil dalam setiap bisnis property, tetapi jika anda dapat meminimalisir, maka anda akan melihat bisnis property yang stabil dan merasakan manisnya memanfaatkan peluang bisnis property.

Post a Comment for "Marketing Property #3 : Memaksimalkan Peluang Bisnis Property"