Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Online Shop Lessons #2 : Tips Membuat Toko Online Sendiri

Melakukan bisnis jual beli online bisa menggunakan berbagai media. Selain menggunakan e-commerce atau biasa disebut marketplace bisa juga dengan membuat toko online sndiri. Anda bisa menjual berbagai produk yang anda kontrol sendiri secara penuh atau bisa juga dengan menjadi dropshiper.

Untuk membuat toko online sendiri anda memerlukan berbagai tips berikut ini agar toko online anda mampu bersaing di pasar online. 
Membuat Toko Online
Rancang toko online dengan benar. Sumber Unsplash


1. Pilih nama domain

Anda bsa memilih nama domain sesuai dengan keinginan anda. Yang penting nama tersebut mudah diingat. Namun anda perlu menentukan nama domain dengan tepat. Karena nama domain adalah nama yang akan melekat selamanya. Jika anda merubah nama maka sama halnya dengan membangun opularitas dari awal.

Anda bisa menentukan nama domain yang sejalan dengan strategi SEO yang biasanya juga mencantumkan identitas lokal anda seperti jualsepatujogja.com atau nama lainnya. nama tersebut akan sejalan dengan strategi SEO anda. Selain itu anda bisa juga dengan memilih nama dengan memunculkan brand anda. Seperti EliaShoes.Com sebagai nama toko online sepatu anda.

2. Platform dan Hosting

Memilih platform dan hosting yang tepat sangat penting untuk keberhasilan bisnis anda, jadi telusuri dan lakukan riset sebelumnya. Mintalah uji coba gratis untuk melihat langsung bagaimana platform tersebut dapat bekerja untuk produk dan bisnis anda, atau minta demo untuk menunjukkan kepada anda seputar sistem yang mereka tawarkan.

Anda harus mengetahui apa yang anda perlukan, misalnya fitur apa yang diinginkan dan fitur apa yang disediakan platform tersebut? Apakah anda harus membayar ekstra untuk ini atau apakah itu termasuk dalam satu paket?

Idealnya, anda memerlukan platform yang menyediakan kemampuan untuk menjual multi-channel untuk memaksimalkan potensi penjualan.

Ada beragam pilihan dalam membuat website toko oonline. Anda bisa dengan merancang secara online dengan fasilitas yang disediakan oleh penyedia layanan dan bisa juga dengan membuat dan membangun dari awal. Semua ada sisi positif dan negatifnya.

3. Rencanakan Struktur Website

Sangat penting untuk membangun struktur website yang kuat. Dengan struktur website yang kuat pelanggan yang ingin menemukan produk dan informasi yang mereka cari, akan dengan cepat dan mudah menemukannya. Anda sebaiknya meluangkan waktu untuk memikirkan tentang struktur, fitur dan kategorinya. Hal ini akan membantu anda memilih jenis tata letak dan tema yang anda inginkan untuk toko online anda.

4. Branding dan Tampilan

Suatu tampilan dan brand juga sangat membekas di benak para kosumen. Logo, warna, dan berbagai unsur perlu mencerminkan identitas anda sebagai sebuah perusahaan. Dengan membuat identitas toko tujuannya adalah untuk menjual produk, membangun loyalitas, dan membuat pelanggan anda kembali untuk membeli lebih banyak.

Pastikan Anda menambahkan elemen yang membangun kepercayaan seperti review produk atau testimoni. Jika anda adalah anggota dari suatu asosiasi, tambahkan logonya dan ini pada gilirannya dapat membantu kredibilitas anda. .

5. Tampilkan Produk dengan Tepat

Gambar berkualitas tinggi dan gambar produk yang bagus adalah suatu keharusan untuk mendorong pembeli mempercayakan pembeliannya kepada anda. Fungsi zoom akan memungkinkan pelanggan untuk melihat detail yang lebih baik.

Deskripsi produk harus benar-benar menjelaskan tentang produk tersebut.Pastikan untuk mendapatkan kata kunci atau frasa apa pun yang akan membantu strategi SEO anda.

Jangansampai anda membiarkan pelanggan membeli produk yang sudah habis, hal tersebut bisa memancing untuk mendapatkan ulasan yang buruk. Pastikan sistem tempat penjualan dan toko online anda menyinkronkan dan memperbarui tingkat stok secara otomatis.

6. Ciptakan Fitur Kemudahan Pembayaran

Penting untuk mengkomunikasikan biaya pengiriman sejak awal karena hal ini dapat menghancurkan penjualan jika terjadi kesalahan. Selain itu pastikan anda membuat sistem pembayaran yang sederhana dan mudah di lakukan. Beberapa opsi pembayaran seperti PayPal, Kartu Kredit, dan aplikasi pembayaran non tunai lainnya adalah suatu keharusan karena saat ini dunia telah bergerak untuk transaksi digital non tunai.

7. Lihat Dari Sisi Pengunjung

Jika anda berpikir sebagai pengunjung maka akan di dapati bahwa penunjung mayoritas menggunakan gadget mereka untuk mencari toko onlne anda. Pastikan situs web toko online dibuat dengan desain responsif atau menggunakan templat mobile friendly, yang berarti toko online anda akan beradaptasi dan berfungsi dengan baik di perangkat seluler.

8. Gunakan SEO

Untuk membangundengan teknik SEO yang benar untuk toko online anda membutuhkan perencanaan dan waktu yang tidak sebentar. Selain itu diperlukan konten yang relevan di blog anda. Dengan demikian usaha ini dapat meningkatkan peringkat di SERP dengan frasa kata kunci tertentu dan membantu pelanggan potensial anda menemukan website anda.

9. Tambahkan Media Sosial

Media Sosial adalah cara yang bagus untuk kampanye brand, membagikan konten, serta mendorong orang lain untuk membagikannya juga. Jika sebagian besar orang menggunakan Facebook dan Instagram, maka anda harus mengejar mereka dengan membanjiri konten di media sosial dengan oenawaran anda baik dengan iklan gratis atau iklan berbayar. 
Membuat Toko Online
Desain mobile friendly sangat dibutuhkan. Sumber Unsplash


10. Dukungan Web Toko Online

Anda bisa membangun dukungan untuk website toko online anda. Salah sarunya adalah dengan memberikan fitur chat. Fitur chat adalah cara terbaik untuk berkomunikasi langsung dengan pengunjung. Dengan modul live chat di toko online, anda dapat menyediakan layanan yang memungkinkan anda menjawab pertanyaan apa pun untuk mendorong penjualan.

Post a Comment for "Online Shop Lessons #2 : Tips Membuat Toko Online Sendiri"