Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Online Shop Lessons : Menjadi Dropshipper Handal

Bisnis jual beli dengan perantara dunia maya saat ini sudah dikenal luas di masyarakat. Salah satu teknik dalam penjualan online adalah dengan menjadi dropshipper. Dengan menjadi dropshipper anda tidak di haruskan memiliki stok barang yang di jual. Tentu hal ini memudahkan penjual yang memilik kendala dalam permodalan.

Apakah penjualan dropshipper itu ?

Penjualan dropship adalah sistem penjualan dimana seorang penjual hanya bertugas sebagai orang ang menjualkan produk orang lain, dimana jika kesepakatan terjadi maka oranglain yang berperan sebagai pemasok akan mengurus semua proses pengiriman namun dengan atas nama penjual. Dengan demikian pemasok bertanggung jawab dalam penyediaan barang, pengiriman dan hal lainnya berdasar pada kesepakatan.

Dengan cara ini setiaporang memiliki peluang untuk membuka bisnis on;ine tenpa terkendala dengan permodalan yang besar. Ada dua cara dalam bisni sdropshipper. Yang pertama penjual yang menentukan harga dan yang kedua harga sudah ditentukan leh dropshipper dan penjual hanya mendapatkan potongan harga ketika barang laku dan penjual mengambil barang ke pemasok.

jika anda memiliki keinginan memiliki bisnis online shop sendiri maka anda bisa mencoba menjadi dropshipper. Inilah beberapa tips menjadi dropshipper handal. 
 
Mejadi dropshipper
Di Amazon anda bisa mendapatkan beragam produk. Sumber Unsplash

1. Selalu Belajar

Jika anda ingin menjadi penjual denga sistem dropship, anda harus benar-benar tahu banyak tentang sistem perdagangan tersebut. Beberapa aspek terpenting yang harus anda fokuskan untuk dipelajari adalah platform web, pangsa pasar, informasi pemasok, dan pemasaran secara online.

Denganmemepkajari berbagai hal tersebut anda akan tahu bisnis ini harus mulai dari mana, bagaimana memulai usaha, dan bagaimana menangani masalah yang nantinya terjadi. Banyak kiat bisnis yang di share di YouTube atai platform lainnya yang bisa anda akses.

2. Fokus dan Kenali Satu Niche

Biasanya kesalahan yang dilakukan oleh pemula dalam bisnis dropshipping adalah ia memilih apa yang dijual sebagai komoditas, dimana ia menjual dan bagaimana ia menjual berdasarkan apa yang dikatakan penjual lain.

Jual produk yang benar-benar anda sukai dan anda mengetahui informasi produk dengan detail. Selain itu pastikan anda mengetahui pangsa pasaratau target market, teknik penjualan dan sebagainya. Minimalisir kesalahan dengan terus mempelajari satu hal dalam satu niche. Jangan tergesa-gesa untuk menjalankan banyak hal yang anda sendiri kurang informasi tentang apa yang anda jual karena konsentrasi bisa terpecah.

3. Menemukan Pemasok yang Tepat

Sangat penting bagi anda untuk bermitra dengan pemasok yang tepat untuk usaha online anda. Ingat, dalam sistem dropshipper pemasok akan mengirimkan produk yang dipesan dari toko anda langsung ke klien Anda.

Jika pemasok terus mengirimkan produk berkualitas buruk, atau gagal mengirimkan pesanan maka reputasi anda yang akan menjadi taruhannya. Satu-satunya jalan keluar adalah menemukan pemasok yang tepat untuk bekerja sama.

Ada 3 langkah untuk membantu anda menemukan dan mempertahankan pemasok yang tepat.
  1. Pilih beberapa pemasok. Periksa lisensi pemasok, periksa rangkaian produk mereka, lihat ulasan pelanggan, dan pesan sampel untuk diri anda sendiri. Buat daftar pemasok yang layak untuk di ajak kerja sama.
  2. Bekerja dengan banyak pemasok. Buat daftar pendek pemasok terbaik. Bandingkan harga produk, layanan penjualan, dan jaminan. 
  3. Segera singkirkan pemasok yang memiliki pelayanan kurang baik. 

4. Uji Produk

Sebagai dropshipper, anda harus memesan sampel produk dan melihat dengan tepat apa yang akan didapatkan pelanggan anda sebelum anda menjual barang tersebut. Untukmengetahui produk yang nantinya anda jual tersebut apakah berkualitas atau tidak maka anda bisa melakukan uji produk anda untuk mengetahui seperti apa produk itu dan menilai apakah pelanggan akan puas.

Anda dapat menggunakan sampel produk untuk mengambil gambar khusus dan menangkap aspek yang ingin dilihat pelanggan. Anda juga dapat menggunakannya untuk proyek SEO Anda seperti bahan video vlog, bahan untuk ulasan blog dan sebagainya.

5. Manfaatkan Situs Web

Anda harus berusaha membuat toko online berbasis web dengan antarmuka yang bersih, navigasi yang mudah, gambar produk berkualitas, deskripsi produk terperinci, kebijakan pengembalian yang jelas, dan proses pembayaran yang lancar. Selain itu untuk mengoptimalkan toko online anda untuk pengguna, pastikan juga bahwa menggunakan teknik SEO yang benar.

Beberapa aspek penting yang harus dimiliki toko online:
  • Halaman About dan halaman Kontak
  • Logo profesional 
  • Produk unggulan 
  • Kebijakan penegembalian 
  • Detail proses pengiriman 
  • Halaman FAQ 
  • Panduan ukuran (jika ada) 

6. Kenali Kompetitor

Bisnis dropshipping menimbulkan banyak persaingan di dalam penjualan online. Kecerdasan dalam kompetisi sering kali menjadi faktor utama yang menjadikan pemenang dalam kompetis tersebut. Anda dituntut untuk mengawasi persaingan dan mengungkapkan kekuatan dan kelemahan kompetitor. Ini sangat membantu anda menjadi dropshipper terbaik.

Untuk mengetahui kekuatan kompetitor, anda hanya perlu melakukan hal berikut ini :

  • Periksa situs web mereka
  • Kunjungi profil media sosial mereka 
  • Pesan produk mereka 
  • Lihat ulasan pelanggan pesaing 

7. Meningkatkan Layanan Pelanggan 

Layanan pelanggan adalah prkara yang sangat penting. Karena meningkatkan layanan pelanggan bertujuan untuk mengusahakan agar klien melakukan repeat order. Layanan pelanggan yang hebat adalah alat dropshippers terbaik. Dengan layanan pelanggan yang baik, anda bahkan dapat mengalahkan persaingan di bisnis jual beli online.

Meningkatkan layanan pelanggan adalah seperti halnya bagaimana caranya agar membuat pelanggan merasa dihormati, dihargai, dan merupakan orangpenting. Jangan memikat pelanggan hanya untuk mendorong penjualan. Cobalah membangun basis pelanggan yang solid dan membangun loyalitas pelanggan.

Setiap bisnis pasti memiliki permasalahan yang di hadapi. Beberapa masalah yang akan dihadapi pemilik toko online seperti pesanan dikembalikan, pengembalian dana, dan pengiriman yang hilang. Masalah ini sangat rumit untuk dropshipper karena tidak ada kontrol langsung atas pemrosesan pesanan, pengemasan, dan proses pengiriman. Namun, potensi masalah ini dapat dihindari dengan rencana yang tepat.

Anda harus megetahui alur pengembalian barang, alur klaim uang kembali atau pengembalian dana dan untuk paket kiriman yang hilang anda bisa mengandalkan asuransi. Pastikan tidak ada saling lempar tanggung jawab antara penjual dropshipper dengan pemasok.

8. Buat Gambar Produk Sendiri

Jangan mengandalkan gambar produk dari pemasok anda. Biasanya anda hanya akan diberi gambar produk polosan. Jika memungkinkan, gunakan gambar produk anda sendiri. Artinya anda harus membelinya sebagai sampel. Ambil gambar dari berbagai sudut yang mungkin menarik untuk dilihat pelanggan anda. Menggunakan gambar produk khusus bisa membedakan merek anda karena sebagian besar penjual lain menggunakan foto stok lama yang sama atau menggunakan gambar dari pemasok.

9. Tentukan Produk Unggulan

Penempatan produk di lokasi strategis pada website akan membantu mempertahankan pengunjung lebih lama di situs anda. Produk unggulan ditempatkan secara strategis di halaman utama situs website anda sehingga pelanggan langsung mengetahui penawaran tersebut. Anda harus menampilkan produk populer, harga bersaing, dan penawaran diskon yang menarik.

10. Fokus pada Pemasaran

Dropsipping memiliki keunggulan daripada sistem penjualan konvensional yakni tidak memakan waktu, tenaga, atau modal yang besar. Dengan demikian anda akan memiliki banyak waktu untuk menangani hal-hal seperti pengoptimalan toko, pembuatan konten, dan pemasaran.

Anda bisa lebih fokus memasarkan produk anda dibanding dengan penjualan konvensional yag memakan banyak resource anda. 
Anda bisa memasarkan produk dengan merambah ke pengiklanan digital seperti :

  • Iklan Facebook, Instagram dan Twitter
  • Google AdWords 
  • Iklan Pinterest 
  • Email Pemasaran 

11. Kenali Pelanggan Anda

kenali pelanggan anda untuk mendaoatkan pelanggan loyal. Sumber Unsplash


Kepada siapa anda menjual produk? Apakah anda tahu apa yang mereka inginkan? Strategi pemasaran yang paling efektif didorong oleh pengetahuan tentang pelanggan atau target market. Kumpulkan informasi tentang calon pelanggan anda: pekerjaan, penghasilan, gaya hidup dan minat mereka.

Selain itu, cobalah tetap berhubungan dengan pelanggan anda di media sosial. Dengan menganalisis ulasan, pertanyaan, dan keluhan mereka, anda akan dapat membuat keputusan yang lebih baik dan meningkatkan bisnis anda.

12. Belajar Dari Kesalahan

Kesalahan dan kegagalan dapat mengajarkan beberapa pelajaran bagus yang berpotensi membawa anda menuju kesuksesan besar di masa depan. Ada banyak dropshippers yang telah memulai bisnisnya sebelum anda, dan ratusan ribu lainnya masih bertahan hingga detik ini. Ada pelajaran bagus untuk dipelajari dari kesalahan apa pun yang mereka buat.

Post a Comment for "Online Shop Lessons : Menjadi Dropshipper Handal "