Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Marketing Property : Langkah Sukses Menjadi Marketer Pemula

 

Pasar property baik konvensional maupun bisnis property syariah saat ini memang mengalami banyak pasang surut dan semua dinamika property tersebut bergantung pada beberapa faktor seperti suku bunga, kondisi ekonomi, dan berbagai hal lainnya. Namun bagi anda yang mencoba fokus untuk menjadi marketing property profesional harus tetap mempelajari segala hal.

Mengapa harus masuk ke pasar property?  Pasar property merupakan pasar yang senantiasa hidup karena manusia akan selalu bertambah banyak populasinya. Dan ini menjadi trend bisnis 2020. Meskipun saat ini memang sedang lesu karena keberadaan wabah Covid 19. Namun kelesuan ekonomi dan pasar tidak hanya ada di property saja, namun benar-benar merata di seluruh lini.



Terlepas dari bagaimana kondisi pasar property saat ini, baik marketer pemula maupun profesional dapat menerapkan banyak strategi yang dapat mendorong bisnis ke depan. Ada beberapa strategi utama yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis property anda di masa depan. Inilah ulasannya !

1. Identifikasi Target Pasar

Strategi nomor satu yang dapat anda gunakan untuk menjadi benar-benar sukses sebagai agen marketing property adalah dengan mengenal pasar yang akan dimasuki. Banyak pialang dan pebisnis property fokus pada target pasar dan menjadi ahli di pasar itu. Ini bisa memberi anda gambaran tentang apa dan bagaimana langkah selanjutnya untuk mendapat target pasar.

Anda harus benar-benar mencari informasi tentang apa yang mendorong arah pasar saat ini, risiko apa yang ada, dan yang paling penting ke mana arah pasar dalam jangka pendek dan panjang kedepannya. Sebagai contoh adalah, broker property biasanya mengetahui detail tentang perkembangan pembangunan di suatu daerah. Seperti hadirnya bandara baru di Yogyakarta menjadikan berbagai pebisnis property bermanuver ‘menyambut’ kedatangan bandara.

2. Anggaran Biaya Pemasaran

Faktor utama lainnya yang menjadikan bisnis property menjadi berjalan adalah adanya anggaran pemasaran dengan jelas alokasinya. Ada ratusan cara untuk menghabiskan dana pemasaran. Pembelanjaan anggaran harus didasarkan pada audiens target anda. Misalnya, target audiens di daerah perkotaan akan berbeda penangannannya dengan target audiens di daerah pedesaan. Anda bisa menentukan berbagai langkah yang cocok dengan membelanjakan anggaran marketing dengan bijak.

3. Website dan Medsos

Saat ini segala aktifitas yang dilakukan setiap orang di seluruh belahan dunia tidak lepas dari yang namanya gadget. Karena itu keberadaan internet sebenarnya menjadi salah satu penunjang marketing anda. Terlepas dari keadaan pasar saat ini, anda harus menunjukkan keberadaan anda di internet mulai dari hal termudah yakni membuka akun media sosial khusus untuk marketing property milik anda.

Langkah yang lebih advance lagi adalah dengan membuat website resmi dan melakukan optimasi di mesin pencari seperti Google atau Bing. Anda bisa memperkejakan atau mempercayakan kepada jasa SEO. Dengan demikian anda bisa menarget kata kunci pencarian yang diinginkan dan kelebihannya adalah anda akan mendapatkan konusmen yang tepat.

4. Promosi Mulut ke Mulut

Referensi merupakan cara terbaik dalam marketing. Seorang pelanggan yang membeli produk property anda baik berupa perumahan atau ruko dan mereka merasa puas, maka biasanya mereka akan merekomendasikan bisnis anda kepada orang lain. Biasanya seseorang yang mendapatkan referensi dari orang yang mereka percaya cenderung untuk percaya.

Anda bisa meningaktkan pelayanan anda untuk hal ini. Selain itu anda bisa membangun semacam bisnis referensi dimana pelanggan yang mereferensikan kepada orang lain akan mendapatkan fee jika orang yang mereferensikan bisnis anda benar-benar datang dan membeli produk anda. Hal in seperti bisnis referal.

5. Fast Respons

Kita hidup di dunia yang bergerak lebih cepat dari sebelumnya. Sangat penting untuk menanggapi pertanyaan pelanggan sesegera mungkin sebelum mereka mendapatkan pebisnis property lainnya yang lebih cepat dalam bergerak. Berbagai pertanyaan akan datang dari arah manapun. Karena itu pastikan anda bisa menjawabnya melalui ponsel yang anda miliki. Pertanyaan bisa datang dari pesan singkat aplikasi chat, email atau komentar dan pesan di media sosial.

6. Publikasikan Buletin

Andabisa mempertimbangkan untuk menerbitkan buletin mingguan atau bulanan dengan berbagai informasi tentang suku bunga, perubahan dalam aturan bisnis property, manfaat kepemilikan rumah, cara mengembangkan portofolio investasi property, pembahasan pasar property dan sebagainya. Dengan membuat buletin, anda akan memberikan edukasi kepda masyarakat akan bisnis roperty dengan harapan akan semakin banyak anggota masyarakat yang terlibat dalam bisnis ini.

7. Bangun Kepercayaan

Banyak kasus kejahatan yang masuk ke ranah bisnis property. Kejahatan di bisnis ini akan mengakibatkan dampak yang besar bagi yang dirugikan dan tentu saja ini memberikan opini buruk mengenai bisnis property. Bisnis property memungkinkan perputaran uang dalam jumlah besr, karena itu anda perlu berhati hati dalam menjalankan bisnis ini. Bangun kepercayaan pubik padaperusahaan anda dimana banyak perusahaan property mulai kehilangan kepercayaan.

8. Rencanakan untuk sukses

Anda memerlukan rencana bisnis pengembangan property agar tetap bertahan dan senantiasa berkembang di masa mendatang. Perencanaan menjadi salah satu langkah sukses. Anda dapat melakukan perencanaan mengenai pengeluaran, proyeksi kemungkinan, dan risiko lainnya dengan bantuan rencana bisnis pengembangan property.



Banyak pengembang yang gagal ketika mereka bekerja tanpa perencanaan. Misalnya, anda dapat merencanakan anggaran untuk strategi pemasaran property di tahun depan dengan bantuan rencana bisnis yang terdokumentasi dengan baik.

9. Kembangkan Merek

Sama seperti bisnis besar lainnya, bisnis property juga membutuhkan branding untuk mengembangkan merek sendiri. Brand atau merek bisa berupa nama anda atau nama perushaan. Setiap strategi penjualan property yang anda lakukan harus dengan konsep branding.

Post a Comment for "Marketing Property : Langkah Sukses Menjadi Marketer Pemula"