Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trend Bisnis 2020 #2 : Trend Marketing 2020

Saat ini ketika bisnis menuju era industri 4.0 yakni industri digital, maka mau tidak mau dan suka tidak suka beragam cara marketing yang seperti sudah dipatenkan dari dulu harus menyesuaikan dengan realita yang ada. Sebenarnya sudah cukup pelajaran mengenai nasib Nokia ketika harus menelan pil pahit menghadapi Android, atau Blackberry yang ngotot dengan perangkat puritannya.

Di trend marketng 2020semua sudah beribah. Semua bergerak mengikuti perkembangan pasar. Siapa yang masih mempertahankan cara lama maka bersiaplah untuk tergilas. Karena itu beberapa poin di bawah ini sekiranya bisa untuk dijadikan referensi langkah oemasaran kedepan. 

Trend Marketing 2020
Revolusi Industri 4.0 menjadikan cara marketing juga berubah. Sumber Unsplash


1. Fokus pada User Experience

Kegiatan marketing bukan lagi tentang mencoba meyakinkan orang untuk membeli produk atau jasa dari perusahaan anda. Prioritas maekting saat ini telah bergerak ke arah memberikan pengalaman pelanggan yang menyenangkan sehingga akan membuat orang datang kembali. Artinya, jika anda fokus pada membangun budaya bisnis dengan memberikan layanan yang baik, maka pemasaran nantinya akan berjalan dengan sendirinya.

Pelanggan mengharapkan pengalaman yang menyenangkan mulai dari kesan pertama hingga layanan purna jual. Anda bisa mendengarkan dan menanggapi pertanyaan konsumen dengan baik. Koordinasikan tim pemasaran digital, tim penjualan dan layanan pelanggan anda untuk memberikan kualitas melalui pengalaman mereka.

Untuk saat ini konsumen tidak menunggu anda untuk memberi tahu kepada konsume mengenai produk mereka. Sebaliknya, mereka akan melakukan penelitian dan pemilihan produk sendiri. Jadi, anda harus menawarkan mereka sesuatu yang lebih dari sekadar informasi produk yakni pengalaman pelanggan.

2. Edukasi Kepada Karyawan

Pengalaman pelaggan yang menyenangkan tentu tidak hadir dengan sendirinya. Ada garda depan yang mnejadikan hal ini sukses, yaitu karyawan. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa 46% konsumen akan meninggalkan suatu merek jika karyawannya tidak berpengetahuan luas, dan sikap karyawan yang buruk.

Proses interaksi antara karyawan dan pelanggan harus menjadi bagian penting dari strategi pemasaran anda. Buatlah karyawan memiliki loyalitas yang tinggi kepada pekerjaan dan perusahaan. Kuncinya adalah membangun fondasi yang kuat untuk keterlibatan karyawan dan mengambil langkah untuk memastikan setiap karyawan memahami dan selaras dengan visi dan misi perusahaan.

Kaeyawan akan bekerja dengan biak jika mereka memiliki rasa senang bekerja di perusahaan anda. Karena itu suasana yang menyenangkan dalam bekerja menjadi sangat penting. Ketika mereka bekerja pada anda dengan upah yang layak, perhatian dari perusahaan dan juga suasana yang hangat akan menjadikan mereka bangga dengan perusahaan tempat mereka bekerja.

Dengan demikian anda bisa mengedukasi karyawan anda untuk mengenali seluk beluk perusahaan dan juga produk yang di hasilkan. Langkah akhir yang harus di lakukan adalah dengan membuat keryawan sebagai agen iklan yang berjalan. Ketika pengalaman pengguna menjadikan pelanggan sebagai media iklan, maka dengan langkah kedua ini anda menjadikan para karyawan sebagai agen iklan anda.

3. Konten Visual

Tahukah anda bahwa konten visual atau dalam bentuk gambar, grafis atau infografis lebih disukai oleh para pengguna internet daripada konten dalam bentuk tulisan. Karena itu Google, Pinterest, dan beberapa perusahaan lain juga berinvestasi dalam teknologi pencarian visual atau pencarian gambar. Gambar ditampilkan untuk 19% pencarian di Google, dan 62% milenial mengatakan mereka lebih tertarik pada pencarian visual daripada tulisan. Sebagai contoh saja bisnis unik undangan digital saat ini menjamur. Artinya pemberitahuan atau undangan dalam bentuk visualisasi digital saat ini lebih disukai daripada undangan cetak.

4. Optimasi di Google Penelusuran

SEO akan terus menjadi aspek penting dari pemasaran digital, tetapi sekarang anda melihat salah satu perubahan paling besar dalam industri SEO dalam dekade terakhir. Dengan pertumbuhan penelusuran seluler dan penelusuran suara, orang-orang mengubah cara mereka menggunakan mesin telusur seperti Google.

Anda bisa saja dengan memasang iklan melalui Google Ads, namun anda harus menyediakan uang secara kontinyu untuk memastikan iklan anda selalu tampil. Dengan menggunakan SEO organik anda memiliki investasi jangka panjang. Selain itu ada sebagian perilau pengguna internet yang menghindari tautan bersponsor dalam mencari informasi.

5. Pencarian Suara dan File Suara

Diperkirakan kedepannya seseorang ketika mencari infomrasi di mesin pencari akan malas untuk menulis. Mereka akan lebih mengandalkan pencarian menggunakan permintaan melalui suara mereka. Hal ini tentu berkaitan dengan semakinpesatnya teknologi. Gambaransaat ini adalah adanya Google asistant, atau Cortana pada windows.

Karena itu kedepannya berkaitan dengan hal ini anda harus memilirkan bagamana anda tetap diperhitungkan di mesin pencari ketika mayoritas pengguna menggunakan perintah suara untuk mencari informasi. Perkembangan teknologi dengan suara ini memang semakin masif.

Ada lagi hal yang sedang naik daun saat ini adalah berbagi pakai fle suara, atau biasa disebut dengan podcast. Banya aplikasi yang menyediakan pemutar podcast dan aplikasi ini ramai unduhan. Jika anda mengamati hal ini tentu anda melihat peluang pemasaran di saluran yang berbeda. Anda bisa mencobanya melakukan promosi melalui iklan suara di aplikasi tersebut.

6. Artificial Intelligence

Artificial inteligence menjadi semakin berkembang selama beberapa tahun terakhir, dan peningkatan besar dalam jumlah bisnis yang menggunakan teknologi dan otomatisasi AI untuk membantu upaya pemasaran juga semakin besar. AI adalah salah satu teknologi utama di balik pencarian suara dan asisten pintar semacam Google Asistance atau Cortana pada windows.

Denganmenggunakan AI memungkinkan chatbots, yang sekarang bermunculan di lebih banyak situs web daripada sebelumnya. Dengan teknologi dan otomatisasi AI membantu menghilangkan beberapa pekerjaan dari pemasaran sehingga perusahaan bisa lebih berkonsentrasi pada strategi dan menciptakan pengalaman pelanggan.

Akan tetapi meskipun perkembangan teknologi mampu menciptakan mesin kecerdasan buatan, aspek manusia dalam pemasaran masih penting. Teknologi AI berfungsi untuk menciptakan kemajuan bukan untuk menggantikan. Artinya teknologi AI hanya bersifat bantuan.

7. Fokus pada Loyalitas

Tahukah anda bahwa pelanggan tetap lebih berharga daripada pelanggan baru. Penelitian telah menemukan fakta yang menggambarkan bahwa untuk menarik pelanggan baru membutuhkan biaya lima kali lebih banyak daripada untuk mempertahankan pelanggan baru, jadi upaya untuk membuat pelanggan anda senang adalah upaya yang sangat berharga.

Pelanggan setia juga membantu meningkatkan reputasi perusahaan anda karena mereka akan membicarakan perusahaan dan produk anda dengan teman dan keluarga mereka. Pelanggan yang puas dengan produk anda sebenarnya menjadi duta merek dan influencer yang hebat bagi produk anda dan itu semua bisa anda dapatkan dengan gratis.

8. Video Live

Video siaran langsung saat ini menjadi tren dalam pemasaran. Anda bisa menggunakan fitur siaran langsung melalui beragam platform di media sosial. Metode ini sangat populer di kalangan konsumen, dan orang menghabiskan waktu tiga kali lebih lama untuk menonton video langsung daripada menonton video yang direkam sebelumnya.

Video juga menjadi cara paling populer bagi konsumen untuk mempelajari produk baru. Video dengan siaran langsung lebih menarik karena penonton merasa bahwa mereka adalah bagian darinya dan dapat berinteraksi, tentu ini menjadi lebih menarik daripada hanya menonton secara pasif.

Trend Marketing 2020
Internet menjadi media utama di masa depan. Sumber Unsplash.



Selama dekade terakhir, tren perkembangan internet dan penggunaannya dengan berbagai perangkat akan semakin meningkat. Ponsel pintar, jam tangan pintar, dan TV pintar sudah menjadi hal yang biasa. Teknologi menjadi lebih murah sepanjang waktu. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, kemungkinan hampir setiap perangkat elektronik akan menjadi ‘pintar’ dalam beberapa hal.

Berbagai [rengkat yang terhubung dalam jumlah besar ini akan menghasilkan sejumlah besar data yang dapat digunakan untuk mendapatkan wawasan untuk keperluan marketing. Informasi ini kemudian dapat digunakan untuk mempersonalisasi pengalaman pelanggan dan memudahkan untuk terhubung dengan mereka.


Post a Comment for "Trend Bisnis 2020 #2 : Trend Marketing 2020 "