Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisnis Wisata #2 : Bisnis Kursus Bahasa Inggris Penunjang Wisata



Dunia wisata menuntut adanya fasilitas yang memenuhi standar wisata. Salah satunya adalah keberadaan pemandu wisata yang menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Karena itu di daerah wisata bisns kurs us Bahasa Inggris bisa menjadi salah satu bisnis yang bisa di kembangkan untuk mempersiapkan tenaga pemandu wisata yang benar-benar memiliki kemampuan memadahi.

Mengapa membuka bisnis kursus bahasa Inggris ? Tentu saja karena Bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Sebagian besar wisatawan asing, dari manapun mereka berasal biasanya memiliki kemampuan berbahasa Inggris. Karena itu pemandu wisata seharusnya memiliki kemampuan percakapan bahasa Inggris agar komunikasi antara wisatawan dan pemandu bisa berjalan dengan lancar.

Bagi anda yang tertarik untuk memulai usaha bisnis wisata yakni kursus bahasa inggris, berikut ini adalah tips jitu untuk memulai usaha kursus bahasa inggris anda;

1. Perencanaan

Bisnis Kursus Bahasa Inggris
Rencanakan lembaga kursus anda dengan benar. Sumber Unsplash


Dalam suatu bisnis, perencanaan adalah sesuatu yang wajib. Dengan perencanaan, segala sesuatu bisa terukur dengan jelas sehingga ketika terjadi kendala atau masalah di perjalanan paling tidak anda sudah bisa menganalisa lebih awal untuk dicarikan solusi. Perencanaan juga bisa menggambarkan langkah anda secara berkelanjutan.

Hal yang harus anda perhatikan dalam tahap perencanaan ini diantaranya adalah target market anda. Jika anda berada di kawasan wisata yang banyak di kunjungi wisatawan asing, maka target market yang bisa anda sassar adalah lulusan setingkat sekolah atas atau SMA. Dengan demikian ketika mereka lulus, mereka memiliki kemampuan untuk menjadi pemandu wisata.

Anda juga harus merencanakan banyak hal yang berkaitan dengan usaha anda seperti nama tempat usaha, metode pembelajaran, dan pengetahuan yang cukup. Dengan demikian anda bisa memberikan pengalaman belajar bahasa inggris yang lebih menarik dan maksimal. Buat konsep pembelajaran yang unik.

2. Pemasaran

pastikan anda membuat strategi pemasaran atau marketing dengan baik. Marketing adalah ujung tombak dari keberlangsungan perusahaan. Bahkan strategi maketing ini bisa dibilang sebagai faktor yang sangat penting sebagai pendukung keberhasilan suatu bisnis termasuk bisnis kursus bahasa inggris ini.

Anda bisa melakukan pemasaran secara tradisional seperti pemasaran melalui poster, brosur, kartu nama, dan lain-lain. Selain itu marketing digital untuk saat ini harus di lakukan. Anda bisa memaksimalkan akun media sosial anda untuk menarik minat peserta didik baru untuk masuk dan bergabung dengan lembaga anda.

Bisa juga dengan memaksimalkan saluran YouTube dengan cara memasukkan konten berkualitas. Salah satunya adalah dengan memberikan semacam tutorial untuk mempelajari bahasa Inggris secara praktis. Dengan demikian ketika pemirsa menginginkan versi lengkapnya, anda bisa menawarkan untuk bergabung dengan lembaga anda.

Agar terlihat profesional anda bisa membangun website usaha kecil untuk usaha kursus bahasa Inggris anda. Cara menarik konsumen lainnya adalah dengan memberikan penawaran menarik berupa pemberian diskon dan lain sebagainya sehingga bisa menjadi daya tarik.

3. Persiapan

Anda pearlu mempersiapkan berbagai p roperty dan perlengkapan lainnya sebelum anda benar-benar membuka kelas bahasa Inggris. Property dan perlengkapan di sini bisa meliputi tempat untuk proses pembelajaran bahasa inggris beserta kantornya, meja, kursi, komputer, nomor telephon yang bisa dihubungi, dan yang tidak kalah penting adalah buku referensi serta media pembelajaran.

Ada opsi lainnya yang tanpa membutuhkan ruang kelas dan tutorial tatap muka yakni dengan pembelajaran daring. Jika kelas yang anda bangun menggunakan kelas online, maka anda perlu mempersiapkan nernagai perangkatnya mulai dari komputer multimedia yang memiliki spek mumpuni, sambungan internet kecepatan tinggi dan juga perangkat lainnya.

Namun jika anda memiliki tempat yang cukup luas dengan pencahayaan yang baik maka anda bisa memanfaatkannya untuk ruang pembelajaran. Karena bagaimanapun juga pembelajaran secara tatap muka akan memberikan dampak yang baik bagi perkembangan peserta didik, mereka akan lebih mudah paham daripada ketika materi di sampaikan secara daring.

4. Manajemen dan Konsisten

Bisnis Kursus Bahasa Inggris
Terus konsisten belajar membuat anda mudah berkembang. Sumber Unsplash


Mungkin inilah yag menjadikan suatu perusahaan tetap bertahan di dalam terpaan badai. Ketika anda memiliki unit usaha, pastikan anda melakukan langkah manajerial dengan baik. Meskipun usaha yang anda miliki masih kecil namun dengan manajemen yang bagus dan konsisten dalam menjalankannya lambat laun akan membesar.

Anda seharusnya melakukan langkah yang konsisten dalam menjalankan usaha. Misal saja ketika peserta didik anda sudah banyak maka anda tetap melakukan pemasaran di berbagai media, baik media tradisional seperti poster dan brosur atau melalui media online. Dengan demikian usaha anda untuk melakukan branding tetap berjalan.

Demikian ulasan mengenai langkah memulai bisnis kursus bahasa Inggris yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel diatas bisa memberikan informasi bermanfaat untuk anda. Jangan lupa membaca artikel bisnis kami lainnya yakni tips bisnis pelajar yang bisa dcoba untuk anda yang masih berada di bangku sekolah.

Post a Comment for "Bisnis Wisata #2 : Bisnis Kursus Bahasa Inggris Penunjang Wisata "