Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Online Shop Lessons #5 : Manajemen Bisnis Online Shop Dari Nol


Bisnis online shp yang semakin menggeliat tentu sangat di sayangka untuk melewatkan tanpa keterlibatan anda. Saat ini dimana semua barang elektronik yang mendukung telekomunikasi, dan juga jaringan internet yang bisa anda dapatkan dengan mudah tentu merupakan salah satu sarana penunjang yang bisa anda manfaatkan. Setelahnya adalah tinggal membangun manajemen bisnis online dengan matang.

Berbicara tetang membangun manajemen bisnis online, maka yang perlu diperhatikan adalah langkah dari A sampai Z dimana anda akan memulai dan kemudian berhasil melakukan penjualan harus terkonsep dengan matang. Langkahj tebaik adalah dengan mempelajari manajemen bisnis online shop yang telah di lakukan oleh sebagian pemasar sukses. Inilah langkah taktisnya.

Temukan Produk Terbaik Untuk Dijual

Apa yang anda jual ketika anda memutuskan untuk membuka bisnis online shop ?. Jutaan barang dijual dan tersedia di online shop. Namun bagaimana anda akan memilihnya ? Pastikan barang yang anda jual adalah barang yang sering masuk dalam daftar pencarian di marketplace. Jangan sampai anda menjual barang yang mudah ditemukan di pasaran offline atau warung dekaat rumah.
 
manajemen bisnis online shop
Google Trends bisa membantu melakukan riset. Sumber screenshoot

Selain itu juallah barang yang sekiranya emudahkan untuk proses pengiriman. Tidak semua jasa pengiriman memberikan pelayanan pengiriman untuk semua barang. Barang mudah terbakar, cairan kimia, dan barang lain yang dianggap berbahaya bisa ditolak di ekspedisi pengiriman.

Selain itu anda bisa melacak beberapa jenis barang yang sedang menjad incaran oleh pengguna internet. Untuk melacaknya menggunakan layanan Google Trnds. Google Trends adalah alat gratis dari google yang menunjukkan seberapa sering istilah pencarian tertentu dimasukkan ke mesin pencari google pada jangka waktu dan area tertentu.

Dengan menggunakan peralatan ini anda bisa memasukkan berbagai kategori kata kunci yang menjadi target penjualan anda. Barang apa saja yang populer di dalam pencarian di suatu area atau negara. Dengan demikian anda bisa menjual barang yang memiliki minat tertinggi di pencarian mesin pencari. Peralatan lain yang bisa digunakan adalah UbberSuggest yang disediakan di website Neil Patel.

Cari Sumber Produk

Setelah anda melakukan riset untuk menentukan komoditas yang akan anda jual, langkah selanjutnya adalah anda bisa mencari sumber produk yang akan anda jual. Pastikan anda mendapatkan produk dari tangan pertama yang memiliki harga rendah, banyak beredar dunia bisnis seperti ini yang berperan sebagai broker. Anda bisa mendapaatkan produk dengan langkah ini :

1. Menjual Dropship

Dropshipping adalah metode pemenuhan ritel di mana anda tidak harus menjual produk yang sudah anda miliki, tetapi anda memesan produk dari pihak ke-3 (pemasok) dan pemasok mengirimkan produk langsung ke pelanggan atasnama anda. Metode ini bagus untuk anda yang akan memulai usaha namun memiliki keterbatasan modal.

Banyak cara untuk bisa menjadi dropshipper handal yang selanjutnya bisa benar-benar menyediakan stok sendiri. Dengan menjadi dropshipper anda memang tidak direpotkan dengan penyediaan barang dan juga pengiriman, namun anda akan memperoleh margin keuntungan yang sedikit.

2. Menyediakan Stok

Jika anda memiliki anggaran untuk menyediakan stok, anda juga dapat mempertimbangkan untuk menyediakan stok produk anda sendiri dari pemasok yang sama, dengan menyediakan stok dan membeli produk ke pemasok dengan jumlah besar tentu harga juga akan berbeda ketika anda membelinya satu persatu.

Anda bisa menentukan jumlah produk yang akan anda sediakan dan pesan 10 hingga 20 buah dari masing-masing. Denan menyediakan stok untuk produk yang anda jual memang membutuhkan modal yang besar, namun anda akan memiliki margin keuntungan yang lebih tinggi. Agar tidak mengalami penumukan stok, pastikan anda membeli produk yang penjualannya lancar.

3. Cari di Pemasok Lokal

Cara ini berlaku apabila di sekitar anda terdapat distributor atau produsen langsung produk. Anda bisa mengambil produk ini secara langsung tanpa harus melalui pengiriman yang bisa jadi akan memakan biaya yang tidak murah. Ada pula bisnis yang memasarkan produk lokal namun dikemas dengan bagus sehingga memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

4. Ambil Dari Banyak Vendor


Jika anda menjual berbagai macam barang, anda bisa mengambil dari banyak vendor. Dengan demikian anda bisa menemukan harga yang benar-benar termurah. Tren saat ni adalah dengan mengambill produk dari pemasok luar negeri terutama China melalui marketplace terbaik internasional dan menjualnya kembali di marketplace lokal.

Mulai Kampanye Penjualan

Jika anda sudah memiliki produk, atau paling tidak memiliki pihak yang sudah menjalin kerjasama penjualan dropship dengan anda, maka anda bisa melakukan promosi dan menjual produk anda baik di website ada sendiri, melalui marketplace atau e-commerce atau lainnya. namun dalam menjual produk tersebut perlu memperhatikan hal ini :

1. Identifikasi Sasaran

Kemana anda akan menjual dan bagaimana cara menjualnya? tentu pertanyaan ini sangat penting bagi anda yang akan memulai kampanye penjualan produk. Identifikasi siapa yang akan membeli produk anda. Selain itu anda juga harus memiliki target hasil dan juga rencana penjualan yang benar-benar terukur.

Tentu menjual barang yang disukai remaja berbeda dengan menjual barang yang pembelinya rata-rata orang yang sudah berumur. Anda akan menemukan banyak perbedaan, mulai dari tempat menjualnya, cara menawarkannya bahkan hingga kata-kata yang digunaan untuk membuat deskripsi suatu produk. Anda harus memahami hal ini dan jangan sembarangan mealkukannya.

2. Tetapkan Anggaran Iklan

Untuk menetapkan anggaran periklanan anda, anda hanya perlu melihat berapa biayanya untuk mencapai tujuan tersebut dan anda dapat merencanakan skemanya. Dengan membuat iklan berbayar di Facebook dan Instagram, anda bisa memulai mengalokasikan anggaran untuk periklanan anda. Mengapa haruas facebook dan instagram ?

Melalui situs tersebut rasio konversi rata-rata adalah 5% bila anda memiliki iklan yang sangat bertarget dan dioptimalkan dengan baik melalui iklan berbayar. Jika anda memiliki pelanggan yag akan mengulas dengan ulasan bagus pada produk dan pelaanan yang anda berikan tentu rasio konversi kedepannya akan lebih bagus lagi.

3. Kenali Produk Emas Anda

Dahulu seseorang meneliti keadaan di italia, dan ternyata sebagian besar tanah di Italia hanya dimiliki oleh 20% penduduk Italia ! Itulah hitungan Pareto, sesuai dengan namanya, ketika yang 20 % memiliki peran yang sangat mendukung dari keseluruhan.

Produk emas anda adalah produk andalan anda yang nantinya meningkatkan bisnis anda. Bisa dimungkinkan 20% produk anda akan menghasilkan 80% pendapatan anda atau bahkan lebih. Dalam berbagai kasus bahkan 5% dari produk ternyata justru akan menghasilkan 90% pendapatan. 

manajemen bisnis online shop
Bangun website anda sendiri untuk tahap kemandirian. Sumber Unsplash.

Setelah anda memiliki produk yang banyak menghasilkan tentu saja anda harus terus meningkatkan anggaran iklan anda untuk produk ini secara bertahap sampai anda mencapai titik ROI tertinggi. Jika anda melakukan penjualan dropship, pertimbangkan untuk menyediakan stok dari produk emas anda untuk memberikan pengiriman lebih cepat dan mendapatkan margin keuntungan yang lebih besar.

4. Pertimbangkan Traffic Gratis

Cara tercepat dan termudah untuk mendatangkan lalu lintas di website anda adalah dengan melakukan iklan berbayar, namun anda akan terus membayar untuk ini, jadi selalu pertimbangkan sumber lalu lintas lainnya terutama yang gratis.

Lalu lintas gratis dan organik adalah cara terbaik untuk memaksimalkan margin keuntungan anda, namun dalam prosesnya akan membutuhkan waktu dan juga keahlian. Anda bisa membuat toko online sendiri untuk benar-benar lepas dari ketergantungan iklan berbayar di media sosial, meskipun anda bisa juga melakukan iklan berbayar melalui website. Bangun website yang diperkuat dengan SEO. Ada baiknya anda merencanakan hal ini jauh hari sebelumnya karena penggunaan teknik SEO membutuhkan waktu yang panjang.






Post a Comment for "Online Shop Lessons #5 : Manajemen Bisnis Online Shop Dari Nol"