Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Online Shop Lessons #3 : Marketplace Terbaik Untuk Penjualan Internasional

Menjual suatu produk yang unik dan tidak mudah di dapatkan di beberapa tempat penjualan menjadi salah saatu peluang untuk dijual di tempat lain seperti di luar negeri. Seperti misalanya ketika anda menjual produk elektronik ke luar negeri, maka hal itu seperti sia-sia, karena di luar negeri produk elektronik lebih mudah di dapatkan.

Karena itu untuk menjual barang ke luar negeri tentu harus menjual barang yang unik. produk buatan tangan Indonesia justru merupakan barang yang laku keras di pasaran luar negeri. Produk anyaman atau kerajinan biasanya yang diminati masyarakat internasional. Karena itu produk ini ketika maksimal dalam penjualannya akan menghasilkan banyak keuntungan. 

Marketplace Terbaik
Saat ini perdagangan berbasis aplikasi. Sumber Unsplash



Jangan berpikir untuk melakukan ekspor sebagaimana perusahaan yang biasa melakukan penjualan barang ke luar negeri. Saat ini tersedia berbagai marketplace internasional yang bisa menjual barang anda meskipun dalam jumlah kecil atau eceran. Meskipun ada beberapa persyaratan yang harus di penuhi seperti menyediakan akun pembayaran internasional, atau mendaftar dengan biaya keanggotaan. Inilah beberapa marketplace terbaik untuk penjualan internasional.

Amazon

Amazon adalah salah satu pasar online terbaik di dunia. Raksasa pasar online internasional ini memiliki jutaan anggota yang tersebar di seluruh dunia. Platform ini menyediakan keanggotaan utama. Anggota utama adalah anggota prioritas Amazon. Tentu saja anggota spesial ini mendapatkan pelayanan yang berbeda dengan anggota biasa.

Untuk menjual barang awalnya anda akan menggunakan paket individual yang biasanya penjual atasnama individu dan menjual barang skala kecil. Sedangkan untuk paket profesonal bisa anda dapatkan ketika anda sudah menjual barang dengan skala besar dan sudah lama berkecmpung di platform Amazon.

Amazon memiliki kantor di 12 lokasi yang tersebar di seluruh dunia. Yang populer berada di AS, Inggris, Jerman, Italia, Prancis, Jepang, dan Spanyol. Menggunakan marketplace Amazon sangat cocok bagi anda yang menjual produk eceran namun ingin mencapai penjualan internasional. Anda akan dikenakan biaya untuk menjadi anggotanya.

eBay

eBay didirikan pada 1995 dan menanjak semakin populer di awal 2000-an. eBay muncul di 100 negara di seluruh dunia dan memiliki 23 situs internasional dengan 6,7 juta penjual pada tahun 2017. eBay telah menjual produk di 190 pasar global.

Perluasan pasar ini mampu menjangkau 168 juta pembeli aktif di seluruh dunia. Transaksi tersebut menghasilkan $ 95 miliar dalam jangka setahun. Untuk menjual produk di eBay, pengguna membayar biaya penyisipan saat membuat daftar dan biaya nilai akhir saat barang terjual. Tidak ada biaya bulanan atau tahunan untuk semua pengguna.

Lazada

Lazada adalah pasar online terkemuka di Asia Tenggara, dengan jangkauan di seluruh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Dengan menjual produk di Lazada anda bisa menjangkau 23 juta pengguna aktif per Juli 2018. Lazada tidak menarik tarif komisi untuk penjualan apa pun, dan juga tidak perlu membayar pendaftaran.

Akan tetapi, penjual harus membayar biaya pengiriman serta biaya gateway pembayaran 2%. Marketplace ini juga memberikan panduan dan dukungan video di semua tahap perjalanan penjualan, mulai dari memulai di Lazada, hingga merampingkan operasional, hingga memaksimalkan penjualan.

Rakuten

Rakuten.com sebelumnya dikenal sebagai Buy.com, adalah pasar online yang berbasis di Jepang. Marketplace ini menyediakan berbagai kategori produk, yang meliputi elektronik, kesehatan dan kecantikan, perlengkapan olahraga, perlengkapan kantor, suku cadang mobil, perabot rumah tangga, dan pakaian jadi.

Rakuten.com menarik biaya kepada penjual 33 dolar per bulan dengan komisi dan biaya item 0,99 per item. Tidak seperti marketplace eCommerce online lainnya, di Rakuten penjual mendapatkan manajer akun pribadi, yang disebut sebagai Konsultan eCommerce (ECC) dan mereka dapat mendesain etalase sendiri.

Rakuten adalah platform pasar online terbesar keempat di dunia dan menjadi marketplace online terbesar di Jepang. Diperkirakan 80 persen dari seluruh populasi lokal Jepang melakukan pembelian di marketplace ini.

Yang berbeda dar marketplace ini adalah mereka mendorong hubungan yang lebih langsung antara penjual dan pembeli dan memotivasi setiap penjual untuk memberikan pengalaman pengguna yang unik. Ada lebih dari 100 juta pengguna aktif dengan diharuskan membayar biaya bulanan 19.500 Yen atau sekitar 175 dolar.

Platform asal Jepang ini diakses 16,4 juta tampilan halaman per bulan dengan beroperasi di lebih dari 29 wilayah dan negara dan basis keanggotaan lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia.

Alibaba

Alibaba adalah marketplace yang berasal dari negeri China. Alibaba memulai bisnisnya dengan 18 orang dan memiliki lebih dari 22.000 karyawan saat ini. Marketplace ini mengklaim sekitar 80 persen penjualan online di China melalui aplikasi ini. Saat ini, Alibaba telah menjangkau miliaran pembeli produk di seluruh dunia, termasuk produsen, konsumen, dan distributor.

Marketplace ini menyediakan pemasok internasional yang menjual dengan harga grosir. Selain itu anda bisa mencobanya secara gratis dan anda memiliki kesempatan untuk memasuki Pasar Cina. Marketplace ini diakses 7 juta tampilan halaman per bulan.

AliExpress

Tidak seperti Alibaba, AliExpress adalah marketplace yang menjual produk grosir dalam jumlah yang lebih kecil. Namun untuk menjual secara grosir, ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah penggunaan Alipay dan persyaratan lainnya. Anda juga harus melakukan pembayaran biaya layanan teknis tahunan.

Setelah disetujui sebagai penjual di AliExpress, anda akan dapat membuat toko dengan nama anda sendiri di situs tersebut. Ketika menjual di AliExpress, anda akan dikenakan biaya komisi mulai dari 5-8% dari total transaksi. Anda juga bisa bekerja menjadi dropshipper di platform ini. 

Marketplace Terbaik
Pembayaran Alipay. Sumber Unsplash


Aliexpress mengenakan biaya hingga 1.500 dolar untuk penjual yang ingin membuat atau mengubah toko mereka. Metode ini dilakukan untuk mengurangi jumlah penipu atau penjual yang memiliki rating buruk. Mereka kesulitan untuk sembunyi karena toko mereka tidak bisa di rubah seenaknya.

Itulah ulasan mengenai marketplace terbaik untuk penjualan internasional. Anda bisa bergabung dengan marketplace tersebut jika menginginkan barang produk anda bisa terjual di lintas negara. Jika sudah besar, anda bisa membuat toko online sendiri dan mengoperasikan sendiri dengan bebas tanpa harus terikat dengan penyedia layanan.

Post a Comment for "Online Shop Lessons #3 : Marketplace Terbaik Untuk Penjualan Internasional "