Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisnis Penginapan #3 : Untung Rugi Bisnis Penginapan Homestay

Membangun bisnis penginapan homestay adalah hal yang sudah banyak dilakukan oleh berbagai pihak, terutama di daerah wisata. Peluang bisnis di daerah wisata tersebut saat ini mulai diambil oleh banyak orang. Selain karena semakin meningkatnya arus wisatawan dari berbagai kalangan, keberadaan bisnis penginapan skala kecil ini memang dapat di lakukan oleh siapa saja.

Kelebihan Bisnis Penginapan Homestay

1. Lebih Disukai Banyak Orang

Dalam agenda wisata ataupun perjalanan, biasanya wisatawan akan menginap barang semalam atau dua malam. Saat ini tarif hotel memang bersaing antara hotel satu dengan yang lain. Namun ketia disisi lain hotel menawarkan harga yang lebih rendah, namun wisatawan justru senang melirik penginapan model homestay.

Jika di kalkulasi, menginap dengan menyewa homestay memiliki harga jauh lebih rendah jika dibandingkan menginap di hotel. Karena alasan lebih hemat biasanya wisatawan, terutama backpacker lebih memilih menginap di homestay. Apalagi saat ini untuk mencari keberadaan homestay sangat mudah dengan aplikasi seluler. 
Bisnis Penginapan Homestay
Bisnis homestay apakah menjanjikan ? Sumber Unsplash

2. Tarif Menyesuaikan 

Untuk bisnis penginapan homestay biasanya memerlukan berbagai pebangunan fasilitas yang akan melengkapi layanan home stay yang akan disewakan. Yang biasanya umum disediakan adalah layana internet. Namun ada pula yang menyediakan AC, kolam renang, tempat nongkrong seperti gasebo dan sebagainya.

Berbagai layanan yang anda sediakan untuk pengunjung homestay ini tentu mempengaruhi tarif yang anda tentukan. Semakin lengkap anda menyediakan fasilitas pelayanan, maka semakin mahal anda akan membandrol tarif menginap di homestay yang anda miliki. Anda bisa membangun fasilitas tersebut sedikit demi sedikit.

3. Mudah Balik Modal

Jika kondisi pariwisata berjalan dengan lancar, atau pada masa liburan maka pemasukan dari penyewa homestay akan lancar. Karena itulah ketika anda mengeluarkan modal untuk membangun homestay dan disewakan, maka modal yang anda keluarkan akan kembali dalam jagka waktu yang relatif cepat.

Modal yang bisa anda raih kembali bisa selama setahun saja. Hal itu cukup singkat jika dibandingkan ketika anda menggunakan bangunan tersebut sebagai rumah kontrakan. Penginapan lebih cepat mendapatkan keuntungan karena ketersediaan pasar, karena itulah sebaiknya anda membangun homestay di lokasi yang bagus.

4. Memungkinkn Untuk Ekspansi

Setiap bisnis yang dibangun oleh siapapun termasuk anda, tentu menginginkan bisnis berkembang ke lingkup yang lebih besar. Karena itulah jika anda membangun suatu bisnis harus memikirkan bagaimana rencana ke depannya untuk bisa lebih besar lagi.

Termasuk ketika anda membangun bisnis penginapan homestay, anda harus memproyeksikan perkembangan ke depan. Peluang untuk melebar ke sektor bisnis lainnya tinggi untuk bisnis ini. Anda bisa membangun bisnis cafe, restoran atau bar untuk perkmbangan dari bisnis anda.

5. Income Rutin

Bisnis yang di kembangkan dengan bagus akan memberikan penghasilan yang rutin sehingga bisa diandalkan untuk kedepannya. Begitu juga dengan bisnis penginapan homestay atau sejenisnya. Dengan pemasaran yang bagus, pelayanan yang bagus dan pengelolaan property yang bagus pelanggan akan merasa puas dan ulasan yang akan mereka berikan berupa ulasan yang baik.

Saat ini rating di dunia maya sangat menentukan keberlangsungan bisnis. Anda bisa melihat berbagai rating dari hotel, spot wisata dan sebagainya di website seperti TripAdvisor. Dengan rating yang bagus maka seseorang yang mencari homestay untuk disinggahi akan memperhtikan homestay milik anda. Dengan demikian bisnis anda akan lancar.

Seperti itulah keuntungan yang bisa diperoleh ketika terjun ke bisnis penginapan homestay. Sekarang yang paling dibutuhkan adalah strategi yang tepat dalam hal marketing dan pengelolaan agar bisnis penginapanmu berjalan lancar.

Namun jika dikaji lebih lanjut, bisnis penginapan homestay juga memiliki kekurangan. Karena itu bagi anda yang akan terjun ke bisnis ini, sebaiknya tidak hanya mempelajari semua kelebihan dari bisnis ini yang terkesan ‘muluk’. Namun anda harus mempelajari kelemahan bisnis ini dan hal ini penting untuk menghadapi berbagai tantangan dalam bisnis.

Kelemahan Bisnis Penginapan Homestay

1. Bermodal Besar

Meskipun terjun dalam bisnis pengiapan homestay tidak memerlukan modal sebesar bisnis membangun hotel atau losmen, namun jenis-jenis penginapan skala kecil memerlukan modall berupa property yang tentu saja harganya tidak murah. Karena itulah bisnis seperti ini hanya bisa di lakukan oleh orang yang memiliki modal cukup besar.

Jika anda memulai dari awal, anda tentu harus menyediaka bangunan. Anda bisa membelinya dari bangunan yang sudah jadi atau membangunnya dari awal. Jika membangun bangunan dari awal, tentu biayanya akan lebih besar dari pada membeli bangunan yang sudah jadi.

2. Lokasi Sangat Menentukan

Lokasi homestay yang anda bangun sangat menentukan maju dan mundurnya bisnis anda. Hal ini terkait dengan potensi wisata di daerah tempat anda membuka homestay. Jika anda membangun bisnis penginapan ini di daerah yang sering dikunjungi wisatawan maka tentu akan sering laku. Namun jika anda memiliki bangunan homestay di daerah yang jauh dari destinasi wisata maka anda perlu lebih keras melakukan usaha marketing.

Seseorang yang menyewa homestay sebagian besar hanya digunakan untuk bermalam selama liburan. Karena itu wisatawan tentu lebih tertarik dengan homestay yang lokasinya memudahkan mereka untuk menuju destinasi wisata yang diinginkan. Lokasi ini juga berkaitan dengan kemudahan akses transportasi terutama transportasi umum.

3. Tergantung Pada Kondisi Sektor Pariwisata

Maju dan mundurnya bisnis homestay tergantung dengan kondisi wisata di suatu daerah. Jika kondisi wisatanya bagus maka bisnis akan berjalan dengan baik. Namun jika pariwisata terpuruk maka bisnis juga akan mengalami dampaknya. Sedangkan sektor pariwisata tergantung dengan kondis sosial, politik ,ekonomi dan kemamanan suatu negara. 
Bisnis Penginapan Homestay
Semakin lengkap fasilitas maka harga sewa semakin mahal. Sumber Unsplash
Beberapa bulan yang lalu dengan adanya wabah Covid 19 ternyata memberikan dampak yang parah di sektor pariwisata. Berbagai spot destinasi wisata ditutup dalam jangka lama, sehingga hal ini berimbas pada bisnis lainnya yang berhubungan dengan pariwisata, salah satunya adalah bisnis homestay.

Itulah beberapa ulasan mengenai untung rugi bisnis penginapan homestay. Dengan mengetahui sisi negatif dan juga sisi positif dalam suatu bisnis, maka anda tidak akan gegabah dalam memulai suatu bisnis. Anda akan dikondisikan untuk melakukan langkah-langkah analisis pasar dan aktifitas lainnya yang nantinya akan sangat membantu dalam keberlangsunan bisnis.

Post a Comment for "Bisnis Penginapan #3 : Untung Rugi Bisnis Penginapan Homestay "