Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisnis Penginapan : Jenis-jenis Penginapan Yang Cocok Untuk memulai Bisnis

Ada jenis-jenis penginapan yang saat ini mulai dibuka oleh perorangan. Terlebih lagi adalah adanya aplikasi perjalanan yang memungkinkan dilakukannya pemesanan secara online hanya dengan membuka aplikasi. Namun untuk pemodal besar, bisa meningkatkan bisnis mereka dengan membuka penginapan skala besar dengan pelayanan yang lengkap.

Untuk pemasarannya, biasanya pihal pengelola bisnis penginapan akan bekerjasama dengan para pemilik website wisata. Selain itu dengan mengikutkan bisnisnya di afiliasi aplikasi perjalanan secara otomatis akan mendapatkan rekomendasi dari pengunjung yang pernah berkunjung jika mereka mendapatkan layanan yang baik.

Jenis-jenis Penginapan

Ada beberapa jenis penginapan yang menjadi pilihan untuk memulai bisnis. Beberapa diantaranya hanya memerlukan permodalan yang tidak terlalu besar. Apalagi bagi anda yang sudah memiliki modal awal berupa bangunan rumah. 
jenis-jenis penginapan
Membangun motel memerlukan lahan besar karena untuk parkir. Sumber Unsplash

A. Penginapan Skala Besar

1. Hotel

Penginapan berupa hotel harus menggunakan suatu bangunan atau sebagian bangunan yang disediakan secara khusus, dan setiap orang dapat menginap, makan, serta memperoleh pelayanan dan fasilitas lainnya. Hotel memiliki 2 jenis yaitu hotel berbintang dan hotel nonbintang yang biasanya juga disebut sebagai hotel melati.

Pembagian klasifikasi hotel tersebut berdasarkan persyaratan yang telah ditentukan. Persyaratan tersebut menyangkut fasilitas hotel. Selain itu, hotel berbintang pun juga memiliki tingkatan hingga yang tertinggi adalah hotel berbintang lima. Biasanya hotel mewah bintang lima dimiliki oleh jaringan perhotelan yang sudah besar dan tersebar di seluruh dunia.

2. Hostel

Standar hostel berada sedikit di bawah hotel. Kamar yang disediakan penggunaannya bisa berbagi dengan pengunjung lain, karena itu penginapan ini berbeda dengan hotel, namun seperti asrama. Karena tempat tidurnya bisa untuk berbagi dengan orang lain, maka dari segi privasi memang kurang namun tarif yang di patok biasanya lebih murah.

Fasilitas selain tempat tidur juga digunakan bersama, seperti kamar mandi, ruang tamu, hingga dapur. Namun, fasilitas di hostel ini biasanya sudah dibuat selengkap atau secanggih di hotel, meski jenisnya tidak sebanyak pada hotel.

Dalam perkembangannya, hostel saat ini mulai memberikan pelayanan yang bagus seperti hotel dengan kamar tidur yang terpisah. Namun untuk fasilitas lainnya seperti kamar mandi masih menggunakan kamar mandi bersama, mekipun kamar mandi tersebut sekelas hotel.

3. Boutique Hotel

Boutique hotel merupakan hotel dengan dibangun secara unik. Boutique Hotel ini adalah jenis hotel dengan jumlah kamar yang tidak terlalu banyak dan lebih dikhususkan untuk memanjakan tamu. Desain bangunan hotel boutique sangat mewah dan modern dengan jumlah kamar terbatas. Penggunaan kata boutique mengacu pada pakaian yang dibuat spesial. Karena itulah butique

4. Resort

Resort adalah bangunan yang memang dibangun untuk keperluan liburan. Resort memanag salah satu peluang bisnis di kota tujuan wisata. Karena itu resort dibangun di daerah yang memiliki pemandangan alam yang indah seperti daerah pantai atau pegunungan dengan fasilitas yang mengedepankan unsur rekreasi. Fasilitas yang disediakan biasanya berupa sarana olahraga, hiburan, taman bermain anak ataupun tempat belanja.

5. Cottage

Cottage juga sering disebut sebagai bungalow. Penginapan ini mirip dengan resort dengan bangunan yang berlokasi di sekitar pantai, danau atau pegunungan. Perbedaannya adalah bentuk bangunan – bangunan dari cottege terpisah seperti pondok. Cottege juga dilengkapi dengan fasilitas rekreasi seperti kolam renang, tempat olah raga dan sebagainya.

6. Motel

Penginapan yang bernama motor hotel ini dikhususkan bagi mereka yang sedang melakukan perjalanan antar kota dan butuh menginap untuk sekedar melepas lelah dan beristirahat. Karena itu biasanya orang yang menginap di motel hanya beberapa waktu saja dan tidak lama. Motel hampir sama dengan hotel namun memiliki tempat parkir mobil dekat dengan kamar. Karena itu motel menggunakan lahan yang luas.

B. Penginapan Skala Menengah

1. Losmen

Penginapan yang standarnya berada di bawah hotel ini menggunakan sebagian atau seluruh bangunan disewakan untuk orang yang datang untuk beristirahat sementara. Biasanya pelayanan losmen dengan makan dan minum atau tanpa makan dan minum. Di beberapa daerah wisata Indonesia, keberadaan losmen menjadi primadona wisatawan yang menginap karena harganya murah.

2. Inn

Penginapan Inn mirip dengan losmen yakni memberikan layanan makan dan minum, serta pelayanan umum lainnya. Penginapan ini disewakan kepada orang – orang yang singgah untuk sementara waktu. Daripada menyewa kamar hotel, menyewa Inn bisa menjadi alternatif untuk menghemat pengeluaran.

C. Penginapan Modal Kecil

1. Villa

Penginapan ini berbentuk rumah hunian yang disewakan untuk tempat tinggal sekaligus berlibur. Namun tidak jarang villa disewa untuk kegiatan lain seperti training. Villa biasanya berada di daerah yang jauh dari keramaian seperti di daerah pegunungan atau pantai dengan hawa sejuk, suasana asri dan tenang. Anda bisa membangun penginapan ini meskipun hanya satu unit saja. 
jenis-jenis penginapan
Penginapan menjadi salah satu peluang bisnis wisata. Sumber Unsplash

Jenis-jenis penginapan yang umumnya berupa rumah dengan beberapa kamar untuk disewakan kepada umum biasanya disebut dengan guest house. Tarif sewa Guest House murah sehingga cocok untuk rombongan. Bentuk dari guset house tidak seperti hotel, namun fasilitasnya mirip dengan hotel secara sederhana.

Ada juga layanan sarapan bagi penyewa. Guest house memang dibuat untuk akomodasi perjalanan. Meskipun bentuknya seperti rumah biasa, namun pengelolaannya sudah profeesional dan terkadang dilengkapi dengan staf. Karena itu banyak orang yang mula membuka jasa penginapan ini.

3. Home stay

Home stay biasanya menyewakan satu rumah penuh. Tamu dapat menginap selama beberapa hari hingga beberapa bulan. Pengelolaan juga oleh perorangan, karena itu, harga sewa kamarnya tergolong murah dan juga setiap orang bisa dengan mudah membuka bisnis ini.

Umumnya fasilitas yang ada di home stay antara lain dapur dan kamar mandi bersama, ruang tamu, ruang bersama, ruang makan dan wi-fi. Meskipun penyewa bisa menyewa setiap kamar, namun ada juga yang menyewa satu rumah penuh.

Post a Comment for "Bisnis Penginapan : Jenis-jenis Penginapan Yang Cocok Untuk memulai Bisnis "