Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisnis Penginapan #2 : Memulai Bisnis Penginapan Skala Kecil

Peluang bisnis di kota tujuan wisata akan selalu ada selama kota tersebut industri bisnisnya selalu berjalan. Salah satu usaha yang bisa dibangun adalah memulai bisnis penginapan meskipun berupa bisnis kecil. Dengan membuka model bisnis seperti ini anda akan memiliki investasi hari tua yang bisa jadi kedepannya akan memberikan kesuksesan yang besar selama dikelola dengan baik.

Untuk memulai suatu usaha atau bisnis memang diperlukan pemikiran yang matang dan juga keberanian. Mengingat meskipun anda memulai bisnis penginapan kecil, namun modal yang harus disiapkan tidak hanya kecil. Hal ini dikarenakan bisnis ini menyangkut dengan bangunan atau property dimana dalam pembangunannya diperlukan modal yang tidak sedikit.

Mengharapkan penginapan yang anda bangun sukses dengan waktu singkat adalah mimpi di siang bolong, kecuali anda memang memiliki kecakapan dalam pengellaan dan juga proyeksi yang tepat. . Dibutuhkan penelitian yang cermat, manajemen, dan perencanaan keuangan untuk membuat sebuah penginapan sukses. Setidaknya hal inilah yang perlu diperhatikan.

Lokasi Penginapan

Berbisnis yang menyangkut dengan aktivitas liburan maka yang paling penting adalah penempatan lokasi bisnis. Hal yang peru diperhatikan adalah jangan sampai lokasi penginapan anda jauh dari destinasi wisata. Selain itu pertimbangkan juga akses ke lokasi penginapan, terutama dengan sarana transportasi umum. 
Penginapan yang tenang kadang menjadi pilihan. Sumber Unsplash
Anda harus mempertimbangkan seperti apa prospek industri pariwisata di daerah tersebut. Karena ketika anda memulai bisnis penginapan skala kecil maka yang nantinya akan menggunakan jasa anda adalah seseorang yang memang dalam perjalanan wisata. Berbeda dengan bisnis hotel besar berjaringan, tentu anda akan melayani akomodasi berbagai institusi dan juga seseorang dalam rangkaperjalanan bisnis.

Anda harus memilih area yang berdekatan dengan lokasi yang sering dikunjungi wisatawan. Dengan demikian wisatawan yang menginap di penginapan anda tidak merasa kejauhan ketika akan mengunjungi destinasi wisata yang dituju setiap saat.

Membangun Atau Membeli

Putuskan apakah anda akan membeli penginapan yang sudah ada atau membangun yang baru. Ini adalah keputusan pertama yang harus anda buat saat memutusan untu memulai bisnis penginapan skala kecil. Ada sisi positif dan negatif dari setiap opsi yang harus anda pertimbangkan dengan cermat sebelum membuat keputusan.

Membeli penginapan yang sudah ada, harganya mungkin akan lebih murah daripada anda harus membangun yang baru. Namun anda harus memastikan bangunan yan anda beli memang layak huni dan tidak memerlukan renovasi besar. Jika anda membeli penginapan, anda mungkin juga bisa mempertahankan beberapa karyawan di pemilik lama.

Jika anda membeli penginapan yang memiliki reputasi buruk, maka sebaiknya anda memberikan perubahan kepada nama penginapan dan melakukan pengiklanan dengan gencar untuk memperkenalkan manajemen baru.

Jika anda harus membangun penginapan baru, mungkin akan lebih mahal. Namun ke;ebihannya adalah anda akan dapat membangunnya sesuai dengan desain yang anda inginkan. Karena anda merupakan pendatang baru maka anda harus bekerja keras untuk mengiklankan agar mendapatkan pelanggan.

Lihat Kompetitor

Untuk melihat kekuatan pasar, anda bisa melihat dan menyelidiki hotel, wisma, dan penginapan lainnya di area tersebut. Anda harus memahami persaingan yang akan anda hadapi dan langkah seperti apa yang akan anda jalankan utuk memenangkan persaingan, atau paling tidak mendapatkan pelanggan diantara penginapan lainnya.

Lakukan langkah-lagkah analisis pasar dan selanjutnya adalah untk menarik pelanggan anda bisa menyeting bagaimana penginapan anda akan terlihat menonjol. Selain itu dalam penyelidikan anda harus mengetahui tarif enginapan lainnya, faslitas yang di sediakan, dan juga lokas penginapan lain apakah strategis atau tidak.

Jika penginapan sekitar anda memiliki ulasan yang baik di internet, maka selain memaksimalkan playanan anda, anda juga harus mengambil celah dengan menurunkan tarif di bawah penginapan lainnya.

Pesan kamar di beberapa hotel lokal untuk benar-benar merasakan apa yang mereka tawarkan. Menginap semalam akan memungkinkan Anda untuk menyelidiki persaingan secara cermat dan mendapatkan ide untuk hotel Anda sendiri.

Memahami Pangsa Pasar

Analisis pasar bermanfaat untuk memahami kondisi pasar utama anda. Ini akan membantu anda menyediakan layanan kepada calon pelanggan anda. Guest house, home stay atau penginapan skala kecil lainnya biasanya menarik wisatawan yang akan menginap hanya untuk beberapa malam saja meskipun tarif yang dikenakan murah.

Jika penginapan anda berada didaerah wisata yang berupa pedesaan maka akan banyak orang dari kota mencoba menjauh dari keramaian dan hiruk pikuk untuk sementara waktu di kawasan wisata pedesaan. Untuk memberikan kesan pedesaan, sebaiknya anda mendekorasi penginapan dengan barang-barang yang mencerminkan kehidupan pedesaan. 

Fasilitas kolam renang pada penginapan skala kecil menjadi nilai lebih. Sumber UnsplashTawarkan Nilai Lebih

Anda harus memiliki nilai lebih dari bisnis penginapan anda sehingga ada sesuatu yang bisa anda tawarkan dengan penginapan anda. Anda bisa menawarkan harga yang lebih murah, menawarkan kolam renang dimana penginapan lain tidak memilikinya, menawarkan koneksi internet yang super cepat dan sebagainya.

Pelanggan biasanya mencari pengalaman yang menyenangkan dengan menginap di penginapan anda. Wisatawan di penginapan atau wisma yang terpencil biasanya mencari relaksasi, sehingga anda dapat membangun area luar ruangan yang terpencil untuk para tamu bersantai.

Yang perlu di pahami adalah bahwa setiap layanan tambahan yang anda putuskan untuk ditawarkan adalah penambahan biaya, baik untuk membangun maupun memelihara. Pastikan untuk menganggarkan dengan hati-hati dan mengelola manajemen keuangan dengan baik untuk menghindari kerugian. Anda bisa berkonsultasi dengan pelaku bisnis penginapan yang sudah mapan untuk mempelajari cara mereka untuk bisa sukses.




Post a Comment for "Bisnis Penginapan #2 : Memulai Bisnis Penginapan Skala Kecil "