Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Penginapan #7 : Strategi Marketing Hotel dan Penginapan

Penginapan atau perhotelan adalah salah satu unit usaha yang berkembang di semua kota di seluruh dunia, terutama adalah kota besar dan kota tujuanwisata. Tak terkecuali adalah beberapa kota di Indonesia. peluang bisni skota tujuan wisata ini memang menjadi pilihan bagi pengusaha yang memiliki modal yang cukup. Dengan marketing hotel atau penginapan yang baik mereka meraup keuntungan yang banyak.

Strategi Marketing Hotel

Tantangan terberat di industri perhotelan adalah banyaknya persaingan. Terutama dengan pertumbuhan popularitas dari penginapan budget yang berbasis aplikasi. Namun keberadaan penginapan berbasis aplikasi sepertinya tidak mampu menggeser keberadaan penginapan atau hotel konvensional. Masing-masing memiliki pangsa pasar yang berbeda. 
Marketing Hotel
Hotel papan atas. Sumber Unsplash
Meskipun bagian marketing hotel terlalu akrab dengan tantangan ini, mereka masih ditugaskan untuk mencapai target pemasaran yang telah ditentukan. Jadi, seperti apapun tantangannya keberadaan hotel konvensional harus mampu bersaing dengan pendatang baru yang memakai manajemen hotel yang lebih baik dan teknologi digital lebih unggul yang berkembang pesat akhir-akhir ini.

Tips Strategi Marketing Hotel

Ketika melakukan pekerjaan marketing untuk hotel, dan anda harus bersaing dengan penginapan aatau hotel alternatif yang mulai naik daun maka anda tidak bisa hanya mengandalkan marlketing konvensional. Pastikan anda menggunakan tips marketing hotel dan penginapan berikut ini.

1. Memaksimalkan Pemasaran Internet

Teknologi telah mengambil alih berbagai aktivitas manusia, salah satunya adalah aktivitas pemasaran. Wisatawan saat ini dimungknkan untuk melakukan reservasi atau membandingkan harga setiap hotel bahkan tanpa meninggalkan tempat tidur mereka. Jadi, jika hotel anda tidak mudah ditemukan secara online, maa bisnis anda akan ketinggalan.

Pastikan setiap orang bisa menemukan hotel anda di dunia internet. Sebagian besar wisatawan (sekiter 75%) memulai dengan menggunakan berbagai mesin pencari untuk menemukan tempat menginap, jadi pantau terus aktifitas SEO Anda . Gunakan kata kunci hotel populer di situs perhotelan anda, dan pastikan situs anda dapat dimuat dengan cepat.

Namun jangan hanya mengandalkan optimasi website untuk mendapatkan kunjungan dari pencarian organik saja. Berbagai perusahaan hotel danpenginapan menggunakan iklan berbayar dair Google untuk meraup keuntungan dari banykanya kunjungan. Anda akan tertinggal ketika hanya mengedepankan optimasi organik.

Jangan membatasi usaha marketing anda hanya pada satu platform sosial, mesin pencari, atau situs web perjalanan. Anda harus menggali analitik situs web anda, mencari tahu dari mana orang biasanya mengetahi website anda, dan mulai dari mana pelanggan dapat mengetahui website hotel anda..

2. Marketing Proaktif

Ada langkah marketing unik yang dicontohkan oleh pada pedagang China tradisional. Ketika anda membeli sesuatu di toko mereka, maka barang apapun yang anda beli, mereka pasti akan mengatakan tersedia. Lalu mereka akan masuk melakukan cek barang meskipun ketika mereka keluar dengan hasil yang nihil atau barang habis.

Hal tersebut akan memberikan bayangan di para pelanggan bahwa barang di toko tersebut adalah lengkap, dan waktu itu mungkin anda baru kurang beruntung sehingga kehabisan barang. Anda bisa elakukan teknik tersebut untuk marketing hotel anda.

Anda bisa melakukan kerjasama dengan hotel lainnya untuk saling memberikan pelayanan ketika salah satu dari anda ternyata pesanan sudah penuh. Dengan demikian anda tidak ada celah untuk menolak pengunjung dengan alasan hotel anda pesanan telah penuh. Disisi lain ada nilai tambah ketika anda bekerjasama dengan hotel lainnya.

3. Pastikan Dengan Pangsa Pasar

Penginapan muah yang berbasis aplikasi biasanya disukai oleh para wisatawan backpacker. Sedangkan hotel mewah biasanya disukai oleh para eksekutif. Jenis hotel apa yang anda pasarkan, dan siapa kebanyakan pelanggan anda? Perlu ada strategi yang berbeda untuk marketing penginapan di pinggiran kota dengan hotel berbintang lima di pusat kota.

Pengunjung dari setiap hotel atau penginapan memesan dengan cara berbeda, bepergian dengan cara berbeda, dan memiliki anggaran berbeda. Itulah mengapa perangkat marketing hotel dan penginapan akan berguna.

Banyak hotel memiliki pelanggan yang bervariasi dengan tingkat pendapatan yang berbeda, karena mereka mungkin menawarkan kamar dengan harga yang lebih mewah (seperti suite presidensial) dan kamar lain yang sering dijual dengan harga diskon. Kedua jenis pelanggan ini perlu dipecah dan ditargetkan secara terpisah.

Bahkan ada perbedaan untuk jaringan hotel yang sama di lokasi yang berbeda. Semua hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan saat melakuka perencanaan dalam pemasaran hotel anda. Jika perlu, anda mungkin perlu membagi type pelanggan menjadi dua, tiga, atau bahkan empat target market terpisah yang nantinya dapat memudahkan dalam menanganinya. Anda bisa mencontoh cara pengiklanan di Facebook yang memecah audiens menjadi beberapa kriteria.

4. Alokasikan Lebih Banyak Anggaran Marketing Selama Musim Pemesanan

Cari tahu kapan aktifitas hotel dan penginapan menjadi sibuk, stabil, dan lambat, lalu sesuaikan anggaran marketing anda. Google dan platform iklan berbayar lainnya memberikan fitur yang mudah dalam menyesuaikan anggaran anda secara berkelanjutan.

Hal lain yang bisa dimanfaatkan adalah penjadwalan iklan. Kapan orang biasanya memesan penginapan mereka? Mungkin anda menjalankan hotel yang sering dikunjungi pengunjung untuk urusan bisnis; maka bisa ditebak bahwa orang seperti ini mungkin cenderung memesan lebih banyak selama jam kerja dibandingkan dengan orang-orang yang bepergian untuk rekreasi yang lebih cenderung memesan selama malam hari atau akhir pekan.

5. Berikan Nilai Lebih untuk Menarik Pengunjung

Hotel anda perlu memiliki alasan yang mengarahkan prospek anda untuk memilih hotel atau penginapan anda daripada yang lain. Jika tidak ada alasan yang jelas, seperti mendapatkan harga terendah atau ulasan terbaik, lakukan penawaran unik yang dapat anda berikan kepada pengunjung. Misalnya, anda dapat menawarkan diskon 15% kepada semua tamu yang baru pertama kali datang.

6. Bangun Kemitraan Lokal

Berteman dengan pemilik bisnis lokal adalah cara yang bagus untuk membangun kemitraan dan saling mempromosikan satu sama lain, termasuk anda merekomendasikan hotel lain ketika kamaar anda telah penuh dimana hotel lain tersebut telah menjalin kerjasama dengan anda.

Anda dapat bermitra dengan tempat pembuatan minuman lokal populer atau bisnis lain yang memiliki hunungan dengan bisnis perhotelan dan pariwisata. Membangun hubungan ini akan menghasilkan pemasaran yang mudah, efektif, dan terjangkau yang pasti akan meningkatkan pemasukan hotel dan penginapan anda.

7. Pasarkan Hal Lain

Anda jangan hanya memasarkan hotel saja, namun anda bisa memasarkan hal lain seperti agenda lokal di kota anda. Berbagai pagelaran seni yang di adakan rutin di kote anda bisa anda iklankan di website anda. Dengan demikian, akan ada penyebaran informasi atau lebih jelasnya adalah pengumuman bahwa akan ada semacam pagelaran seni di kota anda.

Hal ini diharapkan akan menambah kedatangan wisatawan dari daerah lain untuk datang ke kota anda. Inilah yang akan menjadikan hotel anda sebagai tempat transit selama liburan menikmati pagelaran seni di kota anda.

8. Pastikan Situs Web Anda Handal

Ada begitu banyak situs web hotel yang malas dalam desain situs web mereka. Jika situs web anda tidak bersih dan menarik, maka pengunjung akan malas mengakses situs website anda, apalagi akan memesannya melalui online. Situs web sering kali memberikan kesan pertama bagi seseorang yang pertama kali mnegunjungi website tersebut, jadi anda harus membuatnya menakjubkan, tetapi juga bermanfaat .

Artinya, website anda akan terasa mudah dan nyaman bagi pengguna di semua jenis perangkat untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan serta untuk melakukan reservasi. Fokuslah untuk menjaga desain dan navigasi tetap bersih, segar, dan sederhana ketika membangun website. Pastikan foto hotel anda profesional, beresolusi tinggi, dan ditampilkan dalam format dan rasio yang benar agar berfungsi baik untuk desktop maupun seluler.

Pastikan proses pemesanan mudah untuk menghindari konsumen yang lari di tengah pemesanan. Anda bisa menggunakan konten video untuk memamerkan ruang hotel anda dengan cara yang lebih menyeluruh dan menarik. Untuk hasil lebih bagus anda bisa mempercayakan kepada jasa pembuatan website profesional di kota anda.

9. Lakukan Lebih Jauh dalam Layanan Pelanggan

Marketing Hotel
Marketing yang baik akan menhadirkan konversi yang besar. Sumber Unsplash


Pemasaran dan layanan pelanggan berjalan seiring, terutama di industri perhotelan. Jika anda menberikan pelayanan satu langkah lebih maju, maka pelanggan kemungkinan besar akan melakukan hal yang sama untuk anda dalam hal ulasan online, rujukan, dan bahkan akan mengunjungi kembali di lain waktu.

Langkah pertama adalah memastikan staf anda dipekerjakan dan dilatih dengan mentalitas yang mengutamakan pelanggan. Meskipun memanajemen orang lain penuh tantangan, selalu mengutamakan pelanggan adalah hal yang penting.

Jika ada pelanggan yang menemukan kesalahan segeralah meminta maaf. Anda bisa meminta maaf dengan cara memberikan bingkisan minuman ringan atau apapun dengan kartu ucapan tulisan tangan permintaan maaf. Ketika pelanggan diperlakukan dengan sangat baik, mereka akan cenderung berbagi pengalaman dengan orang lain, sehingga menghasilkan lebih banyak reputasi positif untuk hotel anda.

10. Bangun Program Loyalitas Pelanggan

Program loyalitas pelanggan adalah cara yang bagus untuk memastikan pelanggan kembali lagi di lain hari. Program-program ini dirancang untuk memberikan diskon besar dan keuntungan khusus bagi pengunjung yang kembali. Anda bisa mengemasnya dengan memberikan poin dan level tertentu setiap tahun. Anda bisa memberikan penghargaan dalam bentuk apapun kepada pelanggan yang telah mencapai poin atau level tertentu.

Posting Komentar untuk "Bisnis Penginapan #7 : Strategi Marketing Hotel dan Penginapan"