Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Penginapan #6 : Tips Manajemen Hotel untuk Bisnis Hotel dan Penginapan Baru

Jika anda membuka usaha penginapan maka sebaiknya mengetahui struktur manajemen hotel atau penginapan meskipun hanya berupa struktur sederhana. Karena hal itu berkaitan dengan manajemen hotel atau penginapan yag anda buka. Langkah selanjutnya adalah tahap pengelolaan atau manajemen. Pastikan anda mampu melakukannya atau setidaknya anda bisa membayar orang untuk melakukannya.

Dalam upaya untuk mengelola penginapan atau hotel, maka ada beberapa tips manajemen hotel atau penginapan yang bisa anda pelajari. Tips ini sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki usaha penginapan, bekerja sebagai manajer penginapan atau bagi anda yang memulai bisnis penginapan meskipun skala kecil.

1. Temukan Seorang Mentor

Manajemen Hotel
Temukan orang yang tepat untuk belajar. Sumber Unsplash
Mentor adalah sumber ilmu bagi anda yang sedang berbisnis, terutama yang memiliki pengalaman di industri perhotelan atau penginapan. Anda bisa menemukan mentor anda dalam sebuah buku atau bisa juga bertemu langsung dengan orang yang akan anda jadikan panutan. Cari tahu trik, pengalaman dan kisah sukses mereka. 

Namun anda juga harus mengetahui jalan berliku yang mereka lalui. Jangan sampai anda hanya mengetahui kisah sukses mereka, karena anda akan melakukan bisnis yang masuk akal, bukan MLM. Luangkan waktu untuk menemui mentor anda dan menanyakan beberapa pertanyaan yang ingin anda tanyakan, dan dengarkan tanggapannya.

Anda akan menemukan banyak manajer hotel yang merasa senang jika dijadikan mentor bagi seseorang. Bahkan jika anda tidak mengenal dengan dekat sebelumnya, maka lama-klamaan anda akan akrab dan mereka akan tersanjung dengan penghargaan anda.

2. Selektif dalam Perekrutan 

Jika anda merekrut tenaga kerja, maka pastikan anda menemukan orang yang benar, memiliki dedikasi tinggi, mampu bekerja dalam tim dan memiliki loyalitas. Mempekerjakan orang yang salah hanya akan menyebabkan frustrasi yang sangat besar bagi anda. Pekerjaan anda sudah cukup berat — dan anda akan terforsir sumber dayanya jika harus membereskan kekacauan yang dibuat oleh karyawan lain.

Karyawan yang baik adalah orang yang bisa melipatgandakan aarmada dan kekuatan . Ketika anda dapat mempercayai karyawan untuk menangani suatu pekerjaan, hal itu akan membebaskan anda untuk melakukan aktivitas lain yang sangat penting yang dapat membantu hotel anda berkembang, seperti mempromosikan hotel.

Untuk satu hal, jangan hanya mempekerjakan jika anda memiliki lowongan pekerjaan saja. Jika Anda melakukannya, anda akan merasa tergesa-gesa untuk mengisi posisi tersebut dan tidak akan meluangkan waktu yang diperlukan untuk memilah-milah pelamar untuk menemukan orang yang tidak hanya memiliki pengalaman yang diperlukan, tetapi juga keterampilan yang tepat untuk pekerjaan itu.

Sebaiknya rekrutlah sepanjang tahun untuk membantu anda menemukan karyawan yang cakap yang akan membuat pekerjaan anda lebih mudah. Karyawan yag baik akan menambah rating hotel anda lebih baik karena memiliki pelayanan yang baik.

3. Fokus pada Kepemimpinan

Jika anda memimpin suatu bisnis perhotelan, anda benar-benar harus menjadi seorang pemimpin, dan itu membutuhkan sikap proaktif dengan pekerjaan di lapangan. Jangan hanya hadir ketika ada masalah saja.

Satu cara agar anda bisa menjadi pemimpin yang hebat adalah dengan mendelegasikan penugasan. Dengan memanfaatkan staf yang anda pekerjakan, anda dapat meluangkan waktu untuk hal-hal yang lebih penting. Tetapi anda harus bekerja keras di tahap awal, karena mendelegasikan penugasan kepada orang lain itu tidak mudah.

Anda harus membuat materi pelatihan dan membawa karyawan anda selangkah demi selangkah melalui beberapa fase dan tingkat kemampuan sampai mereka benar-benar dapat mengambil kendali. Materi pelatihan yang anda buat harus mencakup tujuan yang jelas dan pengukuran kinerja sehingga staf anda tahu persis apa yang anda harapkan dari mereka.

Atur pertemuan mingguan atau setidaknya pertemuan dua mingguan dengan setiap anggota staf untuk memastikan mereka bisa mencapai dan memenuhi standar tersebut. Jangan lupa berikan bonus meskipun kecil ketika anda bertemu mereka sehingga menjadi pengalaman yang positif dan bisa menjadi motivasi.

4. Komunikasi Harus Terjalin dengan Baik

Salah satu bagian penting dari kepemimpinan adalah komunikasi. Anda harus dan secara berkelanjutan terus memberi tahu staf anda, apakah itu tentang perubahan kebijakan perusahaan, keberadaan perangkat lunak manajemen hotel yang baru, atau bahkan masalah yang sepele namun berpengaruh terhadap kinerja hotel secara keseluruhan.

Segala kesalahan yang ada dan tidak diketahui oleh manajer atau staf maka akan mengarah ke ulasan buruk pada hotel anda, hal ini dapat menyebabkan reputasi hotel atau penginapan anda akan anjlok.

Seperti disebutkan di atas, pertemuan rutin dengan masing-masing anggota staf anda dapat membantu mengetahui dan menyelesaikan masalah yang ada. Jadwalkan pertemuan rutin dengan seluruh staf untuk membicarakan semua perubahan. Kirimkan pesan ke seluruh karyawan anda. Letakkan papan buletin di tempat yang dapat dilihat oleh semua karyawan.

5. Dengarkan Keluhan Pengunjung

Yang dapat menilai kinerja penginapan atau hotel anda secara benar adalah peengunjung hotel, bukan anda apalagi karyawan. Apakah pengunjung mengeluh tentang hotel anda secara online ? Jika ada maka anda baru saja melihat kelemahan yang dimiliki oleh hotel anda dan dapat anda perbaiki. Banyak tamu pergi begitu saja dan tidak pernah kembali jika mereka menemukan ketidaknyamanan di hotel anda.

Anda bisa melakukan survei terhadap tamu anda untuk menanyakan pengalaman mereka di hotel anda. Maatkan media sosial untuk mempromosikan hotel anda dan berinteraksi langsung dengan pelanggan secara teratur. 
Manajemen Hotel
Selalu belajar dan kenali banyak orang ketika menjalankan bisis. Sumber Unsplash

6. Jadilah Pembelajar

Semua orang paling sukses di dunia memiliki satu kesamaan: mereka rajin membaca dan senantiasa belajar. Ada banyak informasi di luar sana untuk diserap, dan mereka yang melahap pengetahuan sebanyak yang mereka bisa memiliki keunggulan di atas 99% orang yang tidak melakukan hal tersebut. Dengan membaca dan mempelajari sesuatu anda akan bisa lebih mudah melakukan riset atau memulai langkah analisis pasar.

Luangkan waktu setengah jam setiap hari untuk membaca berita tentang industri perhotelan. Membaca 10 halaman per hari mungkin tidak terlihat banyak, tetapi setelah satu tahun anda akan membaca 3.650 halaman, atau sekitar 10 buku yang cukup besar. Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan yang sangat berharga dari aktifitas yang anda lakukan.

Posting Komentar untuk "Bisnis Penginapan #6 : Tips Manajemen Hotel untuk Bisnis Hotel dan Penginapan Baru "