Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Konsumen #4 : Trik Menarik Minat Konsumen Baru

Membuka bisnis merupakan keinginan setiap orang. Namun dari tahap awal pembukaan bisnis yang paling besar sumber daya yang harus dikeluarkan adalah menjaring konsumen. Bisnis yang baru berdiri membutuhkan konsumen baru untuk keberlangsungan bisnis. Meskipun begitu, bisnis yang telah lama berjalan pun juga membutuhkan konsumen baru. Karena it dibutuhkan trik menarik minat konsumen baru.

Untuk perusahaan yang baru berdiri, tentu akan menemukan tantangan yang berta dalam menjaring konsumen. Namun untuk perusahaan yang sudah berdiri lama, mereka menemukan berbagai tipe konsumen yang mungkin konsume tersebut tidak bertahan lama, untuk menarik minat konsumen juga membutuhkan berbagai trik yang jeli. Inilah ulasannya.

Menarik Minat Konsumen
Beberapa bisnis marketplace memberikan diskon untuk konsumen barunya. Sumber pexels

1. Menawarkan diskon untuk konsumen baru

Konsumen biasanya sebelumnya akan berkelana terlebih dahulu dengan beragam produk dari berbagai perusahaan atau merk. Anda bisa memikat mereka dengan menawarkan diskon perkenalan, atau atau menawarkan bonus spesial seperti beli 2 dapat gratis 1. Penawaran seperti ini dapat menarik konsumen baru yang telah mempertimbangkan untuk membeli produk atau layanan dari anda, tetapi membutuhkan penguat untuk benar-benar mempercayai produk anda dan merubah kebiasaan lama.

Kemudian cari tahu apa yang mereka beli sebelum mereka memutuskan membeli produk anda dan penawaran seperti apa yang mereka dapatkan sebelumnya. Hal ini untuk mengetahui model pemasaran dan penawara seperti apa yang akan anda lakuka di masa mendatang.

2. Diminta untuk mereferensikan produk anda

Jika anda sudah mendapatkan konsumen yang sudah mapan dan loyal, manfaatkan mereka untuk mendapatkan konsumen baru. Konsumen saat ini adalah salah satu sumber konsumen baru terbaik. Anda bisa meminta mereka untuk mereferensikan produk dan layanan anda kepada orang lain dengan penawaran tertentu.

Anda tidak boleh pasif dan menunggu mereka membawa kolega, teman, dan keluarga untuk membeli produk dan layanan anda. Segera lakukan pendekatan tersistem untuk secara aktif mengumpulkan referensi dari konsumen anda yang puas dengan produk dan layanan dari anda.

Bangun aktivitas yang menghasilkan rujukan ke dalam proses penjualan. Hubungi konsumen segera setelah mereka membeli produk dan layanan anda untuk memastikan konsumen puas dengan pembelian mereka. Setelah itu anda bisa mennindaklanjuti dengan meminta mereka untuk mereferensikan produk anda ke orang lain. Pertimbangkan untuk menawarkan insentif jika memungkinkan..

3. Hubungi kembali konsumen lama

Daftar konsumen yang pernah melakukan kesepakatan pembelian dengan anda adalah aset penting. Anda bisa memanfaatkan daftar kontak konsumen lama anda untuk diberikan informais penawaran produk terbaru dari anda.

Buat jadwal rutin untuk melakukan pemasaran kepada konsumen lama dan pilih konsumen yang belum pernah anda lihat dalam enam bulan. Hubungi mereka melalui email, surat langsung, SMS, atau platform perpesanan lainnya, tawarkan beberapa jenis promosi.

4. Bangun jaringan

Tidak ada cara yang lebih baik untuk meningkatkan popularitas bisnis anda selain bertemu orang baru, memberi tahu mereka seperti apa bisnis anda dan apa yang anda lakukan. Bergabunglah dengan asosiasi perdagangan, kamar dagang lokal, dan organisasi jaringan. Hadiri acara yang sering dilaksanakan oleh organisasi tersebut. Dekati jaringandan bangun pertemanan. Konsumen akan terpana ketika anda memiliki hubungan dengan orang-orang hebat, meskipun anda belum sehebat mereka.

5. Perbarui situs web

Pencarian online adalah cara yang digunakan konsumen untuk menemukan bisnis baru yang mereka butuhkan. Itu berarti situs web anda harus melakukan pekerjaan berat sehingga konsumen dapat menemukan anda di mesin pencarian. Tinjau taktik dan teknik pemasaran mesin telusur dan pengoptimalan mesin telusur, termasuk memastikan situs anda ramah seluler.

Desain situs anda dengan desain khas yang berbeda. Terlalu banyak konten video, gambar dan sebagainya dapat memperlambat kecepatan muat situs anda, yang membuat konsumen tidak tertarik. Anda bisa menyewa perusahaan penyedia jasa SEO dan juga desain website untuk membantu pekerjaan anda.

6. Bermitra dengan bisnis pelengkap

Bekerja sama dengan bisnis yang memiliki basis konsumen serupa, tetapi tidak bersaing secara langsung, lalu menyusun strategi bagaimana anda dapat memasarkan ke konsumen satu sama lain untuk mendorong bisnis baru adalah cara cerdas untuk menarik konsumen baru.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak sumber daya untuk aktiftas ini. Misalnya, jika anda menjual produk bayi, anda bisa bekerja sama dengan bisnis yang melayani perawatan kesehatan untuk ibu hamil, seperti sanggar senam untuk ibu hamil. 
Menarik Minat Konsumen
Manfaatkan mitra bisnis lainnya. Sumber pexels

7. Promosikan spesialisasi anda

Dengan memamerkan spesialisasi dari perusahaan anda, anda dapat membangkitkan minat konsumen. Anda bisa menjadi sukarelawan untuk berbicara di diskusi panel, memberikan webinar atau lokakarya, berbicara di acara industri.

Mengelompokkan target konsumen anda, atau mengadakan sesi pendidikan hanyalah beberapa cara untuk membuat kesan yang baik dengan calon konsumen dan klien baru. Teknik ini bekerja sangat baik untuk pemilik bisnis B2B.

8. Manfaatkan peringkat online dan situs ulasan

Konsumen, baik di dunia B2B dan B2C, sering kali lebih mempertimbangkan peringkan id dunia maya dan situs ulasan sebelum mereka melakukan kesepakatan bisnis dengan perusahaan yang tidak mereka kenal sebelumnya. Jadi, pastikan anda memantau situs-situs tersebut dan menanggapi setiap keluhan.

Manfaatkan ulasan positif semaksimal mungkin dengan menautkannya di situs web anda. Saat ini bukti sosial sangat kuat, dan konsumen baru lebih cenderung mencoba bisnis anda jika mereka melihat orang lain memujinya melalui situs ulasan.

9. Berpartisipasi dalam acara komunitas

Survei menunjukkan kebanyakan orang suka mendukung bisnis lokal dan independen. Tingkatkan profil anda di komunitas yang anda ikuti dengan berpartisipasi dalam acara dan organisasi amal. Mensponsori kegiatan olahraga atau perayaan lokal, mensuport tim kecil olahraga di kota anda. Semua ini meningkatkan profil anda, yang membantu menarik konsumen baru. 
Menarik Minat Konsumen
Memberi kupon referral atau diskon untuk pembelian kolektif bisa menarik konsumen baru. Sumber pexels.

10. Ajak teman

Mengajak teman berbeda dengan referensi meskipun hampir mirip. Referensi anya mengabarkan, namun untuk program ajak teman membutuhkan partisipasi konsumen. Tawarkan penawaran "bawa teman" agar konsumen setia anda memperkenalkan bisnis anda kepada teman dan kolega mereka. Untuk bisnis restoran, anda dapat memberikan penawaran spesial "beli lima porsi menu makanan tertentu dan makan di tempat, gratis satu porsi" untuk menarik lebih banyak konsumen.

Pikirkan strategi ini sebagai langkah awal dalam menjaring konsume baru pada bisnis anda. Tambahkan ide anda sendiri. Kuncinya adalah memulai sekarang sehingga di tahun depan, anda sudah menjual ke basis konsumen yang diperluas.

Post a Comment for "Memahami Konsumen #4 : Trik Menarik Minat Konsumen Baru "