Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Konsumen #6 : Strategi Retensi Pelanggan Agar Meningkat

Untuk menarik banyak pelanggan, anda tentu harus berupaya semaksimal mungkin agar pelanggan tetap bertahan pada bisnis anda. Dengan strategi retensi pelanggan yang tepat, tidak hanya mendapatkan pelanggan yang senantiasa membersamai bisnis anda, namun jika bsnis anda dipandang bagus oleh pelanggan maka pelanggan akan merekomendasikan kepada yang lain.

Karena itu perlu dilakukan strategi yag jitu agar retensi pelanggan berjalan dengan maksimal. Dengan banyaknya pelanggan yang bertahan dengan emeprcayakan kepada bisnis anda maka bisnis anda akan lebih bisa di andalkan di masa mendatang. Inilah beberapa strategi retensi pelanggan yang bisa anda gunakan agar retensi pelanggan berjalan maksimal. 
Strategi Retensi Pelanggan
Strategi retensi pelanggan yang tepat mampu menghadirkan pelanggan setia. Sumber Unsplash

1. Gunakan Akun Khusus Pelanggan

Seperti halnya pada beragam layanan marketplace terbaik yang bisa anda temui, untuk melakukan transaksi di marketplace tersebut tentu anda diharuskan membuat akun untuk pelanggan. Namun sebenarnya akun pelanggan bisa menjadi pedang bermata dua. Di satu sisi, akun pelanggan bisa memudahkan anda dalam melakukan transaksi dengan pelanggan.

Namun di sisi lain, akun pelanggan sering dianggap sebagai sesuatu yang merepotkan karena untuk sekedar membeli produk saja diharuskan melakukan pendaftaran akun dimana hal ini akan memakan waktu. Karena itu, banyak orang memilih checkout tanpa harus melakukan pendaftaran akun jika memungkinkan.

Untuk kemudahannya anda bisa memberikan opsi untuk membuat akun setelah pesanan pertama dilakukan. Artinya pada pembelian pertama embeli tidak perlu membuat akun, namun akan ada penawaran untuk membuat akun ketika transaksi pertama telah dilaksanakan. Tentu saja harus ada perbedaan antara pembeli yang menggunakan akun pelanggan dengan pembeli tamu.

2. Tingkatkan Dukungan Layanan Pelanggan

Sistem dukungan atau pusat layanan konsumen membantu anda berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan anda. Sistem dukungan dapat membantu sebelum dan sesudah penjualan dengan memungkinkan anda, atau bagian layanan pelanggan, untuk berkomunikasi secara jelas dengan pelanggan.

Anda bisa dapat mengubah pertanyaan pelanggan menjadi penjualan atau keluhan pelanggan menjadi penyelesaian, apakah mereka datang di lokasi, melalui email, atau melalui media sosial. Namun sebaiknya anda memasang widget obrolan langsung di website. Seringkali, keluhan atau masalah yang diselesaikan secara efektif dapat mengubah pelanggan yang kecewa menjadi pelanggan setia.

Umpan balik pelanggan yang positif akan sangat bermanfaat bagi anda dalam membangun popularitas. Pelanggan yang melihat layanan pelanggan yang cepat, ramah, dan konsisten maka akan menjadikan pelanggan senang.

Pikirkan untuk memberikan ucapan selamat atau permohonan maaf dengan menggunakan surat tulisan tangan. Ketika ada sesuatu yang ditulis tangan, itu menunjukkan kepada pelanggan anda bahwa anda telah meluangkan waktu untuk menyapa mereka secara pribadi. Perhatian terhadap detail ini akan membantu anda lebih menonjol. Pertimbangan ini sangat bermanfaat dan berpotensi menciptakan pelanggan setia seumur hidup.

3. Program Loyalitas Pelanggan

Program loyalitas, kadang-kadang disebut program retensi pelanggan, adalah cara yang efektif untuk meningkatkan frekuensi pembelian karena memotivasi pelanggan untuk lebih sering membeli guna mendapatkan imbalan yang berharga. Dengan cara ini akan menjadi pertukaran yang menguntungkan bagi anda dan pelanggan.

Mereka mendapatkan nilai lebih setiap kali berbelanja, dan anda mendapatkan keuntungan dari pembelian berulang dari mereka. Anda dapat mendorong pelanggan untuk terus terlibat aktif dalam program ini dengan memberi mereka poin saat mereka membuat akun. Saat mereka melihat betapa mudahnya mendapatkan hadiah, mereka akan bersemangat untuk kembali ke toko anda untuk melakukan pembelian lagi.

Membuat program loyalitas bisa sesederhana memberi hadiah kepada pelanggan atas pembelian kedua mereka, atau setelah jumlah pembelian yang ditetapkan. Laporan penjualan memudahkan untuk melihat siapa pelanggan terbaik anda berdasarkan jumlah total pembelian. Selain itu, anda dapat memilih aplikasi loyalitas otomatis yang dapat memberi penghargaan kepada pelanggan anda atas berbagai tindakan yang mereka lakukan di toko anda. Ini biasanya berlaku pada marketplace.

4. Kirim Email

Email memberi anda kesempatan untuk terus membangun hubungan dengan pelanggan anda sebelum dan setelah pembelian awal mereka. Sangat penting bahwa setiap pesan yang anda kirim melalui email harus dipastikan menambah nilai pada pengalaman pelanggan anda. Jika tidak, anda berisiko kehilangan mereka karena mereka akan merasa terganggu dengan kiriman anda. Ada beberapa tipe konsumen yang terganggu dengan banyaknya email penawaran yang masuk/

Cara terbaik untuk memulai adalah dengan email tindak lanjut. Seminggu setelah pembelian pertama pelanggan, kirimi mereka email yang menyatakan rasa terima kasih kepada mereka karena telah membeli di toko anda. Jenis pengakuan ini membantu pelanggan merasa nyaman dengan keputusan mereka untuk membeli dari anda.

Anda dapat membuat email awal ini lebih berdampak dengan merekomendasikan produk yang melengkapi pembelian awal mereka. Anda bahkan dapat mulai memasukkan ulasan pelanggan. Setelah tindak lanjut awal ini dikirim, anda harus memastikan untuk mengirim pesan yang dipersonalisasi secara teratur.

Jika anda menjual produk yan akan habis masa pakainya maka anda harus mengetahui masa pakai produk anda dan mengirim email pengingat untuk membeli atau memperbarui produk yang telah anda jual. Cara ini sempurna untuk mengembalikan pelanggan yang tidak aktif. Taktik ini bisa sangat efektif karena idealnya, anda akan menyampaikan pesan yang tepat kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat.

5. Tawarkan Diskon atau Cashback

Strategi Retensi Pelanggan
Pemberian diskon bisa menarik pelanggan untuk bertahan. Sumber Unsplash
Yang perlu anda pahami dalam pemberian diskon adalah, anda akan selalu diharapkan oleh konsumen untuk selalu menurunkan harga, yang pada akhirnya mengakibatkan hilangnya pendapatan untuk toko Anda. Ketika margin keuntungan yang anda ambil hanya tipis, diskon menjadi lebih berisiko bagi bisnis anda. 

Namun, ketika diskon hanya diberikan kepada pembeli pertama, maka trik menarik konsumen baru itulah yang sebenarnya tepat untuk di jalankan. Mengirim kode diskon untuk pembelian berikutnya namun harus melalui pembelian pertama adalah cara yang bagus untuk mendorong mereka kembali. Untuk alasan ini, diskon juga bisa menjadi cara yang efektif untuk menarik kembali pelanggan yang sudah lama tidak membeli.

Cara lain adalah dengan menawarkan cashback dalam bentuk deposit yang nantinya bisa digunakan untuk membeli barang lainnya di toko anda. Dengan cara ini pelanggan akan lebih mudah untuk kembali.

Post a Comment for "Memahami Konsumen #6 : Strategi Retensi Pelanggan Agar Meningkat "