Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Rental Mobil #3 : Strategi Pemasaran Rental Mobil Terbaik


Karena bisnis rental mobil memiliki peluang pertumbuhan yang pesat daripada model bisnis lainnya, anda yang memiliki bisnis rental mobil tentu harus bergerak mengambil lebih banyak pelanggan di pasaran. Karena itu diperlukan strateegi pemasaran rental mobil terbaik yang nantinya bisa di jadikan ‘senjata’ untuk bergerilya mencari pelanggan di pasaran.

Anda perlu menemukan strategi baru untuk memasarkan bisnis yang anda bangun. Banyak atribut yang harus dimiliki untuk memasarkan bisnis rental mobil melalui media online maupun offline. Bisnis rental mobil melalui strategi pemasaran online menjadi pilihan paling efektif dan menggiurkan untuk menyasar konsumen dengan tepat. 
Pemasaran Rental Mobil
Kebutuhan transportasi yang tinggi mendongkrak bisnis rental. Sumber Unsplash
Selain pemasaran online, strategi pemasaran offline juga bermanfaat bagi bisnis persewaan mobil. Diperlukan kreativitas yang tinggi untuk memengaruhi dan meluncurkan kampanye pemasaran yang sukses di dunia nyata.

Strategi Pemasaran Online

Kehadiran internet sangat berperan besar dalam mempengaruhi teknik marketing yang di lakukan di dunia bisnis. Anda dituntut mampu memanfaatkan sumber daya yang tersedia melalui internet yang jaringannya tersambung ke seluruh dunia. Kehadiran perusahaan di dunia online yang menonjol, akan meningkatkan keterlibatan pelanggan. Untuk pemasaran rental mobil online, anda bisa melalui beberapa jalan beirkut ini.

1. Media sosial

Kepemilikian akun di media sosial bisa di katakan sebagai faktor penting untuk mengembangkan organisasi kecil dan menengah. Kampanye yang efektif akan m,enjadikan anda terlihat eksistensinya di banyak situs media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dll. Melalui platform tersebut, seorang wirausahawan dapat menjaga konsumen mereka tetap terlibat dan mempertahankan reputasi melalui kepuasan pelanggan.

2. Website dan SEO

Ketika bisnis anda mulai merangkak naik, untuk semakin naik tanpa kehadiran situs website d masa sekarang sepertinya sangat sulit di lakukan. Hari ini dimana sebagian besar orang hanya mencari informasi di perangkat genggam mereka, dan anda tidak mengambil celah itu maka anda akan semakin kalah dalam pertempuran.

Manfaatkan penyedia jasa pembuatan website untuk membangun website anda yang ramah pengguna. Pastikan anda membangun website yang tampilannya sederhana dan mudah dimengerti oleh pengguna yang tidak berpengallllllllaman dalam dunia website sekalipun.

Hal penting lainnya adalah penerapan SEO lokal untuk bisnis anda. Bisnis seperti rental mobil biasanya mendatangkan pelanggan yang memang tidak jauh dari jangkauan bisnis anda. Karena itu penerapan SEO lokal untuk bisnis anda melalui optimasi website adalah langkah yang sangat tepat. SEO lokal juga mempersempit kompetitor anda hanya dalam satu kota atau daerah.

3. Google Bisnisku

Google bisnisku di perlukan untuk mengenal lokasi bisnis anda. Google Bisnisku akan terindeks di mesin pencari dan juga map Google. Karena itu anda bisa menandai lokasi bisnis anda dan membuat akun Google Bisnisku. Selain pembuatannya gratis dan mudah, dengan Google Bisnisku anda akan memiliki modal platform Google gratis yang dapat diindeks mesin pencari.

4. Iklan Bertarget

Investasi bisnis yang ditargetkan dapat anda mulai dengan beriklan di iklan berbayar Google atau di Iklan media asosial seperti Facebook atau instagram. Untuk kedepannya sepertinya platform tik-tok akan mampu bersaing. Iklan berbayar ini akan meningkatkan daya tarik bisnis persewaan mobil. Keterlibatan yang meningkat akan membantu dalam menganalisis pertumbuhan bisnis dan dapat direncanakan sesuai dengan itu. Yang paling menguntungkan dari penggunaan iklan ini adalah anda bisa menyasar taarget yang tersegmentasi sehingga tepat sasaran.

Strategi Pemasaran Offline

Ketika anda memulai bisnis rental mobil maka anda harus berpikir bahwa bisnis ini sangat berbeda dengan bisnis lainnya. meskipun anda melakukan pemasaran secara online, namun anda harus bertemu dengan konsumen secara langsung untuk serah-terima kendaraan. Artinya meskipun anda sepenuhya mencari pelanggan secara online, aktifitas bisnis anda ofline. Ini adalah peluang untuk tetap melanjutkan strategi pemasaran offline. 
Pemasaran Rental Mobil
Optimasi search engine menjadi salah satu strategi pemasaran. Sumber Unsplash

1. Pemasaran Mulut ke Mulut

Pemasaran dari mulut ke mulut merupakan pemasaran yang paling efektif diantara strateig pemasaran lainnya. pemasaran ini berbasias pada kepercayaan, dan anda harus mengupayakannya karena melalui ‘pemasaran alami’ ini calon konsumen akan memiliki peluang besar untuk bertindak berdasarkan referensi seperti apa yang mereka dengar.

Pemasaran ini dengan melalui perantara konsumen yang telah menggunakan jasa anda. Artinya ini berhubungan dengan strategi retensi pelanggan, pengalaman pengguna dan juga mungkin program referensi. Anda bisa menggunakan program referensi pelanggan. Berikan semacam bonus atau potongan harga kepada pelanggan yang mereferensikan bisnis anda kepada orang.

2. Selebaran

Cara ini terlihat seperti cara yang usang. Namun tahukah anda bahwa mendistribusikan pamflet adalah cara lain yang hemat biaya untuk memasarkan bisnis dan menarik perhatian pelanggan. Melalu cara cara tradisional seperti ini sebenarnya anda melakukan pemasaran offline yang efektif. Selebaran dapat didistribusikan di daerah perkotaan di mana terdapat permintaan tinggi akan layanan persewaan mobil.

3. Iklan Media Cetak

Melalui surat kabar, merek yang anda iklankan akan mendapatkan perhatian dari calon pelanggan. Anda dapat menggunakan media ini untuk mengiklankan jasa persewaan mobil di koran lokal dan memiliki jangkauan yang baik atas pelanggan baru. Mungkin permintaan atau penerbitan koran akan berkurang dari waktu ke waktu. Namun banyak kelompok masyarakat yang masih menggunakan sarana ini untuk mencari berita. 

Itulah beberapa strategi pemasaran rental mobil terbaik yang dapat memasarkan bisnis dengan menggunakan strategi online dan offline. Strategi ini juga akan menguntungkan anda sebagai pengusaha tanpa harus menginvestasikan banyak uang. Dengan metode ini anda masuk pada kampanye pemasaran skala besar dengan kompetisi yang lebih besar.

Posting Komentar untuk "Bisnis Rental Mobil #3 : Strategi Pemasaran Rental Mobil Terbaik "