Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manajemen Karyawan : Cara Merekrut Karyawan

Membangun tim yang hebat adalah prioritas utama di hampir setiap perusahaan. Tapi saat melakukan perekrutan, anda sebaai boss benar-benar harus bekerja keras agar mendapatkan karyawan terbaik. Karena itu diperlukan cara merekrut karyawan dengan benar agar anda mendapatkan personil tim yang nantinya kompak dan solid. Bisa juga dengan melakukan analisis pasar pekerja di daerah anda.

Masalahnya adalah, para pekerja yang mereka bekerja profesional dan berdedikasi tentu memiliki pilihan sendiri, tentunya mereka mau bekerja dengan perusahaan yang benar-benar memperhatikan kondisi mereka. Menarik orang yang berdedikasi tinggi ke dalam keterlibatan bisnis anda tentu membutuhkan effort yag besar.

Kuncinya adalah bagaimana anda mengemas perusahaan anda agar menarik minat mereka. Salah satunya adalah legalitas usaha pada bisnis anda. Hal ini membuat perekrutan karyawan hampir serupa dengan upaya pemasaran, dan sebenarnya, teknik perekrutan terbaik berakar pada taktik pemasaran yang paling efektif. Berikut cara merekrut karyawan terbaik yang bisa anda adopsi.
Cara Merekrut Karyawan
Interview adalah salah satu cara untuk melihat bagaimana tingkat kemampuan seseorang. Sumber Unsplash

Manfaatkan media sosial

Anda bisa mendapatkan tenaga kerja yang berdedikasi tinggi di media sosial. Saat ini profil media sosial telah menjadi alat standar untuk meneliti dan mengevaluasi bakat. Mungkin anda bisa mengamati berkas yang mereka kumpulkan, namun periksa mereka secara menyeluruh dengan melihat profil LinkedIn, Twitter, dan media sosial lainnya. LinkedIn lebih lengkap dalam memberikan data tersebut.

Bagaimana ini berjalan? Anda cukup meminta mereka memncantumkan akun media sosial mereka di form pendaftaran karyawan. Lebih banyak yang di cantumkan akan lebih baik. Jangan lupa juga untuk memiliki kehadiran sosial yang aktif sebagai pemberi kerja. Artinya anda sebagai perusahaan harus membuat akun media sosial. Untuk media sosial semacam Facebook sebaiknya anda membuat page official perusahaan anda.

Cara Merekrut Karyawan
Suasana kerja yang neyaman menjadikan orang tertarik untuk ikut bergabung. Sumber Unsplash
Untuk menarik mereka yang berpotensi untuk kerja di tempat anda, sebaiknya tidak hanya memposting lowongan pekerjaan saja namun berinteraksilah dengan calon pelamar, posting cuplikan tentang hal-hal baik yang terjadi pada perusahaan dan karyawan anda.

Ajak karyawan saat ini untuk berpartisipasi dengan bergabung dalam percakapan, merekam video singkat tentang tempat kerja, dan secara umum menyebarkan berita tentang kondisi kerja yang menyenangkan. Saluran media sosial anda juga dapat berfungsi sebagai tempat yang tepat untuk menampilkan misi perusahaan, yang dapat membantu memikat calon karyawan yang memiliki visi misi sama.

Tawarkan fasilitas, tunjangan atau bonus

Anda tidak hanya menawarkan gaji yang besar, namun pastikan karyawan diberikan sesuatu yang mungkin lebih menarik lagi seperti fasilitas, tunjangan atau hal lainnya. Sebagian besar karyawan menginginkan lingkungan kerja yang menantang namun menyenangkan, memungkinkan inovasi, tetapi juga ada keseimbanga antara pekerjaan yang di lakukan dengan pendapatan yang diterima.

Ini seperti anda memberikan selot untuk cuti karyawan, ada waktu lembur untuk penyelesaian deadline pekerjaan, atau kemampuan dikerjakan dirumah. Jangan berpikir anda memanjakan karyawan. Buat aturan yang membatasi mereka terlalu lama mengambil cuti, atau mengerjakan pekerjaan dirumah tanpa alasan yang jelas.

Buatlah memungkinkan untuk seluler

Smartphone merupakan benda yang bisa di pastikan sellau ada pada saetiap orang di dunia ini pada abad ini. Karena itu dalam melakukan rekrutmen karyawan, anda bisa mempermudah prosesnya dengan memanfaatkan smaartphone. Aplikasi atau situs web anda harus memiliki kemampuan untuk melibatkan diri dalam perekrutan karyawan.

Anda perlu memikirkan bagaimana caranya agar aplikasi dapat berguna atau bahkan menjadi ujung tombak saat proses rekrutmen. Pastikan melalui smartphone kandidat yang akan mendaftar bisa berkomunikasi dan juga mengirim data. Apalagi di masa pandemi sekarang ini ketika tatap muka langsung dibatasi, anda bisa menerapkan perekrutanjarak jauh dengan wawancara video call, kirim berkas melalui online dan tes online.

Perluas area pencarian

Saat ini, kemajuan dalam sistem cloud dan konferensi video telah membuka pintu untuk mempekerjakan anggota staf jarak jauh, sehingga perusahaan yang melakukan perekrutan tidak lagi terbatas pada kandidat yang berdekatan secara geografis dengan kantor pusat perusahaan. Anda bisa menerima karyawan di kota lain.

Jika perusahaan anda terletak di pasar perekrutan yang kompetitif, anda akan lebih baik lagi jika mencari kandidat karyawan terbaik di area yang kurang kompetitif. Teknologi memungkinkan kolaborasi dan komunikasi yang lancar di mana pun karyawan berada, jadi anda tidak perlu kehilangan tenaga ahli di bidang Anda karena lokasi perusahaan dirasa terlalu jauh.

Jangka waku perekrutan

Ada yang bilang bahwa melakukan perekrutan dengan waktu singkat dan tergesa-gesa akan menghasilkan karyawan yang tidak sesuai harapan. Mungkin itu ada benarnya sehingga sebaiknya perekrutan di lakukan secara marathon. Namun ini tidak bisa berlaku pada kondisi dimana perusahaan anda memerlukan sumberdaya manusia dengan cepat.

Jika anda menginginkan karyawan pada posisi dan ketrampilan tertentu namun dalam jumlah yang sedikit, seperti membutuhkan seorang desainer grafis profesional, maka anda bisa mencari kandidat tersebut sambil jalan. Artinya anda tidak perlu tergesa-gesa dan anda bisa berpeluang mendapatkan yang benar-benar berpengalaman dan kompeten.

Namun jika anda memerlukan tenaga kerja dalam jumlah besar dengan kemampuan yang standar, anda bisa membuka lowongan dengan jangka waktu yang tidak lama. Dengan demikian anda akan mendapatkan kandidat yang banyak, sehingga anda memiliki keleluasaan untuk menyaringnya. Pasang lowongan seluas-luasnya anda akan mendapatkan banyak kandidat.

Gunakan karyawan yang ada untuk memasarkan perusahaan Anda

Terkadang cara terbaik untuk mendapatkan kandidat terbaik untuk anda jadikan tim adalah dengan memanfaatkan karyawan yang sudah ada. Anda bisa memilih diantara karyawan yang sudah ada dan memiliki kemampuan yang berbeda dan bisa dipromosikan untuk menempati bagian jabatan tertentu.  Misalnya saja anda bisa melakukan upgrading CS online store jika anda memiliki bisnis online shop dan mengambil karyawan dari bagian lain untuk di jadikan CS,
Cara Merekrut Karyawan
Sumberdaya yang ada bisa dimaksimalkan sebelum melakukan rekrutmen. Sumber Unsplash
Setidaknya dengan menggunakan karyawan yang sudah ada, anda tinggal memberi mereka pelatihan dan tidak perlu mengajarkan mereka budaya dalam bekerja dan aturan-aturan yang sudah biasanya meleka patuhi. Bisa juga dengan menerima karyawan baru atas rekomendasi dari mereka. Karena itu komunikasi kepada karyawan lain untuk penambahan personil tim juga perlu di lakukan.

Itulah beberapa ulasan mengenai cara merekrut karyawan yang bisa kami sampaikan. Pastikan bisnis anda mendapatkan personil tim yag benar-benar memiliki dedikasi tinggi dan juga memiliki kompetensi dengan lebih memperhatikan cara merekrut karyawan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.



Posting Komentar untuk "Manajemen Karyawan : Cara Merekrut Karyawan"