Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manajemen Karyawan #5 : Bagaimana Promosi Karyawan Dijalankan ?

Promosi Karyawan pada suatu perusahaan memungkinkan adanya kesempatan kenaikan seorang karyawan ke pa ngkat yang lebih tinggi. Kenaikan ini beriringan dengan peningkatan gaji, pangkat, status, dan tunjangan. Aspek pekerjaan inilah yang paling mendorong karyawan meningkatkan loyalitas karyawan pada sebuah perusahaan.

Namun kenaikan seorang karyawan dari satu posisi pekerjaan ke posisi pekerjaan lain biasanya memiliki tambahan tanggung jawab pekerjaan yang lebih banyak dan akuntabilitas yang lebih tinggi dibanding sebelumnya. Terkadang hasil promosi membuat seorang karyawan mengambil tanggung jawab untuk mengelola.

Promosi Karyawan
Promosi karyawan biasanya dinantikan oleh karyawan yang memiliki tujuan jenjang karier. Sumber Pexels

Fakta Promosi Karyawan

Jika dilihaat secara kasat mata promosi menaikkan satu tingkat pekerjaan karyawan. Promosi dipandang diinginkan oleh karyawan karena dampak kenaikan tersebut terhadap gaji, wewenang, tanggung jawab, dan kemampuan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan perusahaan yang lebih luas.

Promosi karyawan meningkatkan status karyawan yang menerima promosi, dan merupakan tanda penghargaan dari perusahaan. Sebagai tanda nilai dan penghargaan yang dimiliki seorang karyawan oleh perusahaan, promosi adalah tindakan nyata yang dilihat oleh karyawan lain. Artinya promosi karyawan bisa meotifasi karyawan lain untuk lebih bersemangat dan profesional dalam bekerja.

Memanfaatkan Karyawan yang Ada atau Rekruitmen ?

Namun terkadang suatu perusahaan lebih memilih merekrut karyawan baru untuk menempati posisi tertentu dan memiliki kemampuan daripada menggunakan karyawan lama yang diambil dari tingkat di bawahnya dengan jalan promosi karyawan.

Jika ini dilakukan maka karyawan internal merasa seolah-olah mereka tidak memiliki kesempatan untuk promosi atau mereka mulai merasa seolah-olah karir mereka ditangguhkan dan tidak ada tempat bagi mereka untuk maju kecuali mereka meninggalkan perusahaan anda.

Akan tetapi dengan menerima karyawan baru, mereka akan membawa pengetahuan dan pengalaman dari luar perusahaan anda yang dibutuhkan agar perusahaan terus tumbuh dan berkembang.

Karena itu sebagian besar perusahaan memutuskan menggunakan langkah campuran yakni menerima karyawan dari luar dan mengambil karyawan internal untuk mengisi posisi tertentu, kecuali perusahaan membutuhkan suatu keterampilan yang tidak bisa didapatkan pada karyawan internal.

Tidak Semua Karyawan Ingin Promosi

Promosi belum tentu merupakan tindakan yang tepat untuk dilakukan dengan setiap karyawan. Beberapa karyawan tidak menginginkan tingkat tanggung jawab dan otoritas yang lebih tinggi. Mereka senang bekerja dengan posisi sekarang dan dengan gaji atau tunjangan yang mereka terima.

Promosi merupakan salah satu bentuk pengakuan terhadap karyawan yang memberikan kontribusi pekerjaan yang signifikan dan efektif. Bagaimanapun juga, perusahaan telah menjadikan promosi sebagai metode utama bagi karyawan untuk meningkatkan gaji dan otoritas mereka.

Untuk posisi tertentu terkadang karyawan menolak untuk mengikuti bursa promosi karyawan karena menganggap tanggung jawab yang akan mereka terima terlalu berat. Ada beberapa langkah untuk mengatasinya. Perusahaan bisa memberikan semacam training yang lebih intensif untuk karyawan yang naik posisi dengan tujuan agar mereka benar-benar siap menerima tanggung jawab.

Siapa Yang Layak Dipromosikan ?

Siapa yang layak untuk di promoskan ? Sebenarnya jika perusahaan atau manager jeli dalam mengamati karyawannya akan di dapati orang-orang yang layak untuk masuk ke dalam bursa promosi untuk menempati posisi yang lebih tinggi. Inilah beberapa karyawan yang layak di promosikan :

Promosi Karyawan
Ada beberapa kriteria karyawan yang layak di promosikan untuk jabatan tertentu. Sumber Pexels

1. Karyawan yang berorientasi pada tujuan

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang memberi kesempatan karyawan untuk tumbuh dan memberikan dukungan kepada perusahaan. Pastikan informas jenjang karier dapat sampai kepada karyawan sehingga mereka bisa termotivasi untuk naik pangkat. Jangan hanya memberikan mereka pekerjaan tanpa ada progres yang jelas tentang posisi mereka.

Dalam banyak kasus, akan banyak ditemukan karyawan yang benar-benar ingin mencapai tujuan jenjang karier. Jika ada cara yang dapat membantu mereka, seorang manajer hendaknya membantu untuk melakukannya. Karyawan seperti itulah yang layak untuk mengikuti bursa promosi dan naik posisi.

2. Karyawan bisa bekerja dalam tim

Perusahaan biasanya tidak suka jika karyawan berfokus pada individu daripada tim. Mereka menginginkan anggota tim yang berkomitmen untuk membantu kebaikan tim yang lebih besar, yang pada akhirnya menguntungkan perusahaan.

Karyawan yang baik biasanya akan menjadi sukarelawan untuk lebih banyak tugas dan tanggung jawab, dan bukan hanya karena imbalan langsung, namun juga karena memang tanggung jawab tersebut adalah anggung jawab tim dan ia merasa hal tersebut juga tanggung jawabnya. Dengan demikian ia bisa menjadi inspirator satu tim.

3. Karyawan memiliki kemampuan khusus

Adakalanya seorang karyawan memiliki kemampuan untuk sesuatu yang spesifik, seperti merancang presentasi penjualan yang dinamis hingga menangani pelanggan yang rewel. Karyawan dengan kemampuan khusus seperti ini tidak hanya dicari oleh rekan kerja, tetapi juga dilihat oleh perusahaan sebagai aset. Karena itulah karyawan seperti ini layak di naikkan jabatannya.

4. Karyawan yang terus belajar

Karyawan yang selalu berusaha mengembangkan diri ketika menemukan peluang belajar, baik di dalam maupun di luar kantor juga bisa dimasukkan sebagai karyawan yang layak untuk di promosikan. Belajar di tempat kerja seperti ini tidak seperti ketika masuk bangku kuliah dan mengejar gelar. Namun kemampuan.

Saat ini kompetensi tidak bisa diukur dengan kepemilikan ijazah. Namun karyawan yang memiliki kemampuan lebih karena belajar pada pengalaman ketika mengikuti jenjang karier, terkadang lebih kompeten daripada karyawan yang hanya mengandalkan ijazah dari perguruan tinggi ternama dan nilai akademis.

5. Karyawan yang berprestasi

Ketika melakukan promosi karyawan, pimpinan pasti ingin tahu nilai dan kemampuan apa yang akan dibawa ketika masuk ke bursa promosi karyawan. Karyawan yang benar-benar berprestasi di perusahaan sebaiknya menyimpan dokumen prestasi tersebut setiap tahun karena hal tersebut bisa menjadi bukti di masa mendatang ketika diperlukan, salah satunya adalah promosi karyawan.

Entah itu pernghargaan sebagai karyawan terbaik tagun ini, entah itu memimpin proyek yang berhasil dan perusahaan mendapatkan banyak laba, semua hal tersebut sebaiknya direkam. Pemberian kenaikan jabatan tentu mempertimbangkan hal itu.

6. Karyawan yang menunjukkan potensi kepemimpinan

Promosi Karyawan
Karyawan dengan jiwa kepemimpinan layak di promosikan. Sumber Pexels

Ketrampilan kepemimpinan sangat penting untuk dimiliki oleh seseorang yang akan memimpin orang lain. Bagaimanapun juga langkah pertama untuk menjadi seorang pemimpin adalah memiliki jiwa atau kemampuan kepemimpinan. Pemimpin perlu menjadi panutan yang tepat bagi karyawan yang mereka kelola dan bekerja dengannya. Karyawan yang tanpa memiliki keterampilan ini, akan sulit mendaatkan kepercayaan untuk memimpin orang lain.

Penutup

Promosi karyawan memungkinkan untuk terjadinya rotasi posisi, atau pergantian orang yang mengisi posisi struktur perusahaan. Semua dilakukan tidak lain untuk kemajuan perusahaan. Karena itu sebagai pemimpin dalam suatu perusahaan tentu harus memperhatikan bayak pertimbangan ketika melakukan promosi karyawan.

Adanya promosi karyawan juga memotivasi karyawan untuk berkarya lebih bagus lagi, tidak hanya karena reward anda punishment saja. Itulah ulasan mengenai promosi karyawan. Pastikan anda membaca trik, tips dan juga petuah bisnis hanya ada di BisnisNote.Com. semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Manajemen Karyawan #5 : Bagaimana Promosi Karyawan Dijalankan ?"