Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Dari Rumah. Mengapa Tidak?

Membangun bisnis bisa Anda lakukan dengan berbagai cara. Bahkan dengan aktifitas yang keseluruhannya di dalam rumah saja. Saat ini bisnis dari rumah bisa menjadi salah satu alternatif bisnis yang banyak menjadi pilihan.

Jadi jangan kaget ketika ada orang yang hidupnya hanya dirumah saja namun bisa menghasilkan cuan yang banyak. Tertarik untuk membuka bisnis dari rumah? Baca terus artikel ini hingga tuntas!

Bisnis Dari Rumah
Kerja atau bisnis dari rumah. Sumber Pexels @shkrabaanthony

Bisnis Dari Rumah Mengapa Tidak?

Membangun bisnis dari rumah? Tentu bisa Anda lakukan. Ada kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika Anda membangun bisnis dari rumah. Inilah diantaranya !

1. Lebih dekat dengan keluarga

Ada yang mengatakan, pekerjaan yang mengenakkan adalah melakukan pekerjaan hoby namun di bayar. Tapi sebenarnya bekerja dengan masih membersamai keluarga juga merupakan pekerjaan yang menyenangkan. Karena itu bisnis dari rumah sangat cocok untuk Anda yang menginginkan kedekatan dengan keluarga.

2. Waktu dan pekerjaan bisa disesuaikan

Keunggulan lain dari menjalankan bisnis dirumah adalah, Anda bisa menyesuaikan pekerjaan sesuai dengan porsi waktu yang Anda miliki. Dengan demikian Anda bisa mengatur waktu lainnya untuk melakukan aktifitas lain seperti mengurus keluarga. Seandainya tidak memungkinkan, Anda bisa saja menggeser waktu kerja di malam hari ketika anak-anak sudah tidur.

3. Bisa mengisi waktu luang

Ada sebagian orang seperti ibu rumah tangga yang belum mendapatkan momongan yang memiliki banyak waktu luang di setiap harinya. Untuk memanfaatkan waktu luang tesebut, Anda bisa membangun bisnis dari rumah.

Selain dapat membantu finansial keluarga, keberadaan bisnis dari rumah akan menjadikan waktu luang yang ada benar-benar digunakan untuk hal yang produktif. Manfaatkan waktu luang Anda untuk berbisnis dari rumah.

4. Tidak terikat


Bekerja atau menjalankan bisnis dari rumah, Anda tidak akan terikat dengan aturan-aturan perkantoran seperti datang dengan tepat waktu, harus enggunakan dress code tertentu dan aturan yang mungkin menyebalkan bagi sebagian orang.

Dengan menjalankan bisnis sendiri dari rumah, apapun bisnisnya maka Anda akan menjadi bos untuk diri Anda sendiri. Anda bisa melakukan manajemen waktu, mengelola pekerjaan dan hal lainnya secara mandiri. Inilah hal yang menyenangkan ketika Anda memiliki bisnis sendiri dirumah.

Bisnis Dari Rumah Modal Kecil

ketika membangun bisnis, mindset semua orang biasanya adalah pada permasalahan permodalan. Padahal ketika membangun bisnis dari rumah, Anda bisa menggunakan modal kecil. Terutama untuk bisnis yang berkaitan dengan jasa, Anda tidak memerlukan modal besar.

Jasa seperti desain grafis, penitipan anak, potong rambut dan jasa sejenisnya bisa Anda lakukan dengan modal yang kecil. Jualan produk di dunia maya pun, Anda bisa saja dengan menggunakan modal kecil.

Saat ini banyak sekali penjual produk di dunia maya membuka keagenan atau program reseller bagi siapa saja yang terkendala permodalan. Dengan teknik reseller, mitra penjualan bisa melakukan penjualan produk tanpa harus menyediakan stok produk terlebih dahulu.

Bisnis Dari Rumah
Kursus online bisa menjadi sumber pendapatan. Sumber Pexels @standsome-worklifestyle


Untuk membangun bisnis dari rumah modal kecil, Anda bisa bergabung dengan program reseller dari penjual online. Anda hanya perlu mempersiapkan akun media sosial, akun marketplace, smartphone dan paket data untuk memulai bisnis dari rumah. Mudah bukan?

Bisnis Dari Rumah Untuk Ibu Rumah Tangga? Coba Bisnis Ini!

Bagi ibu rumah tangga, ada baiknya untuk mengisi waktu luang, atau untuk menambah pemasukan keluarga memulai bisnis dari rumah dengan model bisnis seperti di bawah ini :

1. Jualan Produk Online

Jualan produk online bisa menjadi ide dalam menjalankan bisnis dari rumah untuk ibu rumah tangga. Akan tetapi biasanya jika Anda menjual produk yang sudah biasa atau produk mainstream, maka Anda akan mendapatkan banyak sekali kompetitor. Belum lagi jika produk yang Anda jual mengharuskan Anda untuk stok barang.

Anda bisa mencari celah dengan menjual produk yang unik dan jarang di temukan di dunia onlineshop. Salah satunya mungkin souvenir perusahaan eksklusif yang bisa dipesan dengan model kustom. Dengan cara ini Anda bisa meminimalisir pesaing di dunia onlineshop. Keunggulan menjual produk kustom adalah, Anda bisa menjualnya dengan harga lebih tinggi.

2. Bekerja Paruh Waktu

Menjalankan bisnis atau menghasilkan uang dari rumah tidak harus memiliki produk atau jasa tersendiri. Anda bisa saja bekerja untuk orang lain namun pengerjaannya dirumah. Ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga. Ada banyak lowongan paruh waktu yang bisa dikerjakan dirumah dan semua berbasis pekerjaan daring.

Anda bisa saja menjadi konsultan, penginput data, bahkan sampai menjadi asisten digital orang lain untuk membantu meringankan pekerjaan mereka. Bekerja paruh waktu dengan pekerjaan yang bisa dilakukan dirumah merupakan pekerjaan yang menyenangkan. Selain bisa mendapatkan penghasilan, pekerjaan ini tidak menjadikan para ibu rumah tangga keluar rumah.

3. Pembuat Konten

Berbagai konten seperti video, foto, grafis, suara dan tulisan bisa Anda jual di dunia maya. Apalagi sejak kemunculan NFT yang sedang trending. Untuk konten tulisan, Anda bisa menjualnya kepada pengembang SEO, akan tetapi konten tulisan yang Anda jual harus SEO friendly. Sedangkan konten video atau foto bisa Anda jual di website yang menjual stok foto atau video.

Jika Anda ingin mandiri, mulailah membangun konten Anda sendiri dan di publikasikan melalui saluran Anda sendiri. Kuncinya adalah lakukan secara berkala dan buatlah orang lain tertarik dengan konten yang Anda jual.

4. Penjualan Afiliasi

Penjualan menggunakan sistem afiliasi memang memudahkan bagi pemilik produk yang akan di jual dan afiliator. Pemilik produk yang akan dijual tidak memerlukan tenaga pemasaran yang mungkin akan menambah biaya penjualan. Sedangkan bagi afiliator, mereka bisa menjual dengan bebas tanpa menggunakan modal, menyetok barang atau dikejar target.

Menjual produk dengan sistem afiliasi sangat cocok bagi Anda yang ingin berbisnis dari rumah. Terutama bagi ibu rumah tangga. Namun Anda harus memiliki senjata sendiri ketika menjualnya. Bisa menggunakan blog yang sudah ramai pengikutnya, bisa juga dengan postingan konten di media sosial.

5. Kursus Online

Apakah Anda memiliki ketrampilan tertentu yang bisa Anda ajarkan kepada orang lain? Mengapa tidak Anda jual ketrampilan Anda dalam bentuk kursus online? Sejak pandemi, keberadaan kursus online mulai marak, dan ketika pandemi mereda kursus online tetap digemari. Ini menjadi peluang untuk membuka bisnis baru bagi Anda.

Bisnis Dari Rumah
Kerja dari rumah cocok untuk ibu rumah tangga. Sumber Pexels @mentatdgt

Untuk memulai kursus online, Anda diharuskan memiliki perangkat pendukung seperti komputer, kamera, internet dan mungkin ruangan yang representatif untuk melakukan rekaman. Selain itu, Anda perlu memilikirkan kemana Anda akan menjual kursus online yang Anda jalankan. Jika Anda jeli banyak platform yang menyediakan penjualan kursus online.

Penutup

Tren bekerja, atau menjalankan bisnis dari rumah sepertinya akan terus naik seiring dengan perkembangan teknologi informasi di fase revolusi indutri 4.0 ini. Dengan kata lain, semua aktifitas bisnis tersebut bisa ditunjang oleh teknologi sehingga untuk berkecimpung di dalamnya, tentu Anda harus melek teknologi.

Itulah ulasan mengenai bisnis dari rumah yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini memberikan wawasan untuk Anda. Jangan lewatkan artikel kami lainnya tentang tantangan bisnis skala UMKM hanya di website bisnisnote.com !

Posting Komentar untuk "Bisnis Dari Rumah. Mengapa Tidak?"