Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemasaran Media Online, Apakah Efektif?

Pemasaran dalam bisnis sangat diperlukan untuk memastikan bisnis berjalan. Berbagai cara dilakukan untuk langkah pemasaran, mulai dari digital marketing sampai menggunakan pemasaran cara tradisional. Pemasaran media online seperti memasang iklan di website portal berita populer menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan.

Seiring dengan semakin gencarnya arus informasi, maka pemasaran online menjadi salah satu metode pemasaran yang di sukai oleh pebisnis. Mengapa iklan jenis ini disukai para pengiklan? Pada artikel kali ini kita akan membahas secara mudah mengenai pemasaran media online.

Pemasaran Mediao Online
berita internet mendominasi penyebaran informasi. Sumber Pexels @alleksana

Evolusi Media Massa

Media massa sudah ada berabad-abad yang lalu. Namun semakin lama banyak terjadi perubahan. Dari penulisan manual di kertas, penggunaan peralatan cetak manual, penggunaan mesin cetak dan sampai detik ini media massa beroperasi menggunakan portal website yang lebih cepat dalam penyajiannya.

Seiring berubahnya media atau alat yang digunakan untuk penyampaian informasi, maka berubah pula iklan yang ada di dalamnya. Di masa lalu ketika semua informasi hanya bisa disalurkan menggunakan media cetak, maka iklan hanya sebatas pada gambar dengan tulisan dan juga iklan baris yang berupa kata-kata singkat yang pendek dan biayanya murah.

Namun dengan kehadiran media online yang menggunakan platform website atau aplikasi, maka Anda bisa beriklan dengan beragam bentuk iklan. Mulai dari gambar, tulisan bahkan menggunakan video. Selain menarik, iklan menggunakan media online saat ini lebih mudah dalam penargetan.

Iklan Media Massa

Sejak dulu media cetak menjalankan bisnisnya dengan memanfaatkan dua hal. Yang pertama adalah biaya langganan. Anda tentu akan ditarik biaya langganan media cetak setiap bulannya. Namun konon biaya langganan ini hanya sekedar dialokasikan untuk menutupi ongkos produksi dari pengadaan kertas dan proses pencetakan.

Yang kedua adalah pemasukan dari iklan. Seseorang yang memasang iklan di media cetak tentu harus membayar biaya iklannya. Biaya tersebut bisa bervariasi dan biasanya dipengaruhi oleh space yang digunakan dan posisi iklan. Iklan yang paling murah tentu saja iklan baris yang khusus berada di halaman iklan.

Keberadaan media online menjadikan para penerbit media cetak berbondong-bondong membuka portal berita di internet. Mereka tentu tidak mau ketinggalan dengan yang lain. Sejak saat itu cara beriklan juga berbeda, meskipun sebagian masih mempertahankan produksi media cetaknya. Seperti apa pemasaran media online?

Pemasaran Media Online, Seperti Apa?

Ketika Anda membuka media online, seperti portal berita, Anda akan menemukan dua model iklan pemasaran yang akan menghiasi halaman media online tersebut. Inilah kedua jenis iklan tersebut :

Iklan display

Iklan display merupakan iklan yang jelas terlihat ketika Anda membuka aplikasi atau website. Dengan menggunakan gambar dan tulisan yang mencolok, maka tanpa meneliti lebih lanjut, pengunjung website tahu bahwa itu adalah iklan. Setidaknya ada dua macam iklan display yang sering ditemukan.

1. Iklan banner

Iklan banner merupakan iklan yang ada pada website dengan lokasi iklan yang disesuaikan dengan bentuk desain website. Namun terkadang iklan ini memiliki lokasi di tempat yang mengganggu pengunjung website seperti iklan yang menutupi konten utama website. Sehingga untuk membaca konten tersebut pengunjung website harus menutup dahulu iklan yang ada.

Iklan seperti itulah yang malah mengurangi nilai UX suatu website. Dengan demikian untuk memasang iklan banner pada sebuah website sebaiknya mempertimbangkan lokasi dengan matang agar iklan tersebut tidak mengganggu.

2. Recommendation widget

Berbeda dengan iklan banner, iklan recommendation widget biasanya berada di bawah konten. Selain itu iklan ini biasanya relevan dengan konten yang ada. Ciri-cirinya adalah ia berada di bawah konten dan secara tidak langsung diharapkan bisa mempengaruhi keputusan pengunjung website ia membaca artikel konten dan menemukan iklan tersebut.

Pemasaran Media Online
Koran sudah mulai ditinggalkan meskipun masih eksis. Sumber Pexels @dziana-hasanbekava

 

3. Iklan baris

Iklan baris rupanya masih ada di dunia digital. Dengan biaya murah seorang pengiklan bisa mengiklankan produk dan jasanya di website dengan traffik tinggi. Langkah ini bisa dilakukan ketika memulai bisnis kecil. Seperti halnya iklan baris yang ada pada media cetak, iklan baris digital juga hanya menampilkan tulisan saja tanpa adanya gambar. Iklan ini hanya menempati space kecil pada website.

Iklan konten tulisan

Iklan konten tulisan merupakan iklan yang disajikan dengan konten tulisan sebagaimana tulisan editorial pada umumnya. Namun sebenarnya keberadaan konten editorial ini merupakan konten pesanan atau editorial yang berbayar.

1. Iklan advertorial

Iklan ini berada pada artikel editorial pada sebuah website. Dengan tidak menggunakan bahasa iklan langsung, namun pada dasarnya iklan ini tetap menawarkan produk atau layanan kepada para pembacanya. Advertorial, sesuai dengan namanya memang menggabungkan ads atau iklan dengan editorial atau artikel editorial.

Karena iklan ini berbasis pada konten artikel, maka iklan ini bisa mencapai relevansi tinggi antara isi artikel dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Setidaknya iklan ini memberikan manfaat yakni, iklan tetap akan mempertahankan kredibilitas situs jurnalistik pada website dan dalam waktu yang bersamaan terdapat ‘penetrasi’ iklan.

2. Press release

Iklan lain yang berupa konten tulisan adalah konten press release. Berbeda dengan advertorial yang menyembunyikan bahasa iklannya, untuk press release dikemas dengan berita peluncuran produk, berita program diskon dan berita lainnya yang sifatnya lebih ke ‘mengumumkan’ keberadaan suatu bisnis.

Meskipun kedua jenis iklan konten tulisan di atas sama-sama tidak menyampaikan bahasa iklan secara lugas, namun untuk iklan dengan press release akan lebih terlihat penyebutan merek atau penetrasi produknya. Namun mereka menyajikan dengan berita yang seolah cara meliput berita dilakukan dengan normal seperti biasa.

Pemasaran Media Online
Iklan dengan artikel perlu di buat dengan cermat. Sumber Pexels @cottonbro

Pemasaran Media Online, Apakah Efektif?

Pemasaran online dengan menggunakan media massa online bisa dibilang efektif. Iklan seperti press release sangat efektif untuk mengenalkan pada masyarakat mengenai sebuah produk baru atau program baru yang diluncurkan. Sedangkan untuk iklan banner, efektifitas iklan tersebut dipengaruhi oleh posisi iklan pada website.

Di masa depan, sepertinya iklan atau pemasaran media online masih menjadi tren pemasaran yang di gemari oleh pengiklan. Ini tidak lepas dari semakin bertambahnya masyarakat yang memiliki kemampuan untuk mengakses informasi digital di internet. Tentu Anda sebagai pebisnis melihat hal ini sebagai peluang yang bagus. Segera manfaatkan peluang untuk membangun aset digital Anda!

Posting Komentar untuk "Pemasaran Media Online, Apakah Efektif?"