Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Press Release Bisa Mendongkrak Penjualan? Simak Ulasannya!



Dalam dunia bisnis, perusahaan melakukan berbagai upaya untuk mengenalkan brand atau menciptakan penjualan dengan berbagai media. Salah satu yang dilakukan adalah melalui press release. Apa itu press release? Apakah press release bisa mendongkrak penjualan dan menciptakan kesadaran merek?

Mungkin diantara Anda pernah mendengar istilah ini. Sebenarnya press release adalah aktivitas yang biasa dilakukan oleh seseorang atau lembaga pada media massa untuk memberikan maklumat atau pengumuman kepada publik akan sesuatu hal. Namun saat ini press release bisa dijadikan ajang branding dan penjualan produk. Seperti apa prosesnya?

Pada artikel kali ini Bisnisnote akan memberikan ulasan mengenai press release. Simak artikel ini hingga selesai agar Anda mengetahui dengan jelas apa itu press release dan bagaimana pemanfaatannya di dunia bisnis.
Apa itu Press Release
Website berita. Sumber romeltea.com

Apa itu Press Release?

Press release disebut juga sebagai siaran pers merupakan informasi singkat berupa aktivitas individu maupun organisasi yang diterbitkan di media massa online dan cetak. Proses press release melibatkan jurnalistik sebagai pengembang informasi dan mitra release yaitu marketing internal media dan atau agency yang sudah bekerjasama dengan media.

Itulah pengertian press release yang diambil dari website Jogja Kreasi yang merupakan perusahaan jasa press release terpercaya di Jogja. Press release dapat digunakan untuk berbagai keperluan misalnya, pemasaran pada bisnis, pengumuman penting untuk institusi, hingga keperluan individu seperti penggunaan siaran pers untuk keperluan kampanye.

Media massa merupakan perantara paling efektif untuk menyebarkan informasi dari institusi atau pihak tertentu kepada masyarakat umum. Dengan menggunakan media inilah penetrasi brand, sosialisasi program kerja, dan informasi penting lainnya dapat disebarkan dengan cepat dan tepat.

Cara Membuat Press Release

Karena tulisan press release digunakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat, kemudian masyarakat melakukan tindakan seperti pembelian, maka cara membuat press release harus dilakukan dengan tepat. Setidaknya, inilah beberapa langkah untuk membuat press release yang bisa Anda lakukan.

1. Bangun ide berita

Sebelum Anda membuat materi press release, tentunya Anda harus membangun ide berita yang nantinya intisari berita bisa Anda dapatkan. Dari ide tersebut maka akan muncul tema, judul dan elemen lain yang ada pada sebuah tulisan jurnalistik. Dengan demikian Anda akan mendapati artikel yang Anda tulis menarik.

Ada beberapa cara untuk membangun ketertarikan masyarakat untuk membuka dan membaca artikel press release Anda. Untuk menarik perhatian bisa dengan menggunakan judul yang menarik. Terkadang para blogger menggunakan metode clickbait untuk menjebak pembaca dan mereka kemudian tertarik untuk membuka halaman.

Namun untuk konten press release, tentunya tidak menggunakan cara-cara seperti itu. Anda dituntut membangun sebuah konten yang natural namun menarik. Penggunaan diksi yang tepat, kata-kata yang kuat atau power word, dan cara lain bisa digunakan untuk membuat judul.

2. Susunan piramida terbalik

Pembuatan artikel untuk press release menggunakan metode piramida terbalik. Strategi ini memberikan gambaran umum yang lebih luas di awal konten dan semakin kebawah maka kontennya semakin mengerucut dan lebih fokus. Cara ini bisa menggiring pembaca untuk lebih memahami konten secara keseluruhan.

Pada konten press release, di awal konten artikel seperti setelah sub judul maka sebaiknya diberikan news lead yang fungsinya untuk memberikan gambaran secara menyeluruh isi dari press release. Elemen news lead bisa menarik perhatian pembaca karena disitulah pembaca akan mengetahui informasi secara merata.

3. Gunakan 5W dan 1H

Press release menggunakan berbagai jawaban dari pertanyaan 5w dan 1 H untuk memberikan penjelasan kepada pembaca mengenai isi press release yang mereka baca. Misalnya saja ada sebuah press release mengenai suatu event yang kemudian diulas pada konten press release. Maka konten press release tersebut memberikan jawaban atas pertanyaan di bawah ini:
  • What. Apa yang diinformasikan pada press release.
  • When. Kapan event yang diulas pada press release dilaksanakan.
  • Where. Dimana event yang diulas pada press release dilaksanakan.
  • Who. Siapa penyelenggara event.
  • Why/ Mengapa diselenggarakan event.
  • How. Bagaimana pelaksanaannya.
Apa itu Press Release
Konten press release sebaiknya memberikan jawaban atas pertanyaan yang ada. Sumber Unsplash


4. Gunakan gambar atau video menarik

Sebuah konten baik itu konten berita maupun konten artikel website, agar menarik perhatian pembaca maka disematkan gambar atau video yang menarik. Dengan cara ini maka selain pembaca tertarik untuk membaca, gambar bisa juga memberikan gambaran singkat tentang konten. Itulah mengapa terkadang pada konten press release ada gambar yang menonjol.

Contoh press release

Ada beberapa contoh press release yang ada di dalam dunia media. Setidaknya ada dua macam press release, yakni yang dilakukan dengan menggunakan media tulisan dan yang menggunakan penyampaian langsung oleh pihak yang bersangkutan. Inilah beberapa contoh press release yang biasa ada pada media online atau media cetak.

1. Press release event

Terkadang untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai suatu event yang telah diselenggarakan oleh suatu pihak, maka penyelenggara event melakukan press release di media. Tujuan dari press release ini bisa bermacam-macam. Bisa berupa tujuan branding bisnis, tujuan meraih kepercayaan dan simpati masyarakat, sampai bukti sosial.

Suatu perusahaan menyelenggarakan event sosial biasanya secara tersirat ingin meraih tujuan bisnis seperti mendapatkan pengakuan masyarakat. Untuk masyarakat yang tidak bisa menjangkau event yang diselenggarakan setidaknya akan mengetahui berlangsungnya event tersebut melalui siaran press release di media.

Pengumuman telah diselenggarakannya event melalui press release tidak lepas dari tujuan pemasaran suatu produk jika penyelenggara adalah sebuah perusahaan atau brand. Dengan menggunakan ajang event tersebut, maka penjualan dari produk diharapkan mengalami kenaikan.

2. Press release produk

Press release juga bisa digunakan untuk memberikan informasi beredarnya sebuah produk baru pada sebuah brand. atau masuknya sebuah brand pada suatu negara. Manfaat dari penggunaan press release adalah masyarakat dengan cepat bisa mengetahui keberadaan brand atau produk baru yang sedang dirilis.

Tujuan akhir dari press release ini adalah terjadinya penjualan pada brand yang bersangkutan. Karena itulah biasanya dalam sebuah press release digunakan figur yang nantinya memberikan penilaian tentang produk tersebut. Diharapkan dengan menggunakan endorse tersebut penjualan akan naik.

3. Press release pemerintahan

Apa itu Press Release
Anda bisa melakukan press release melalui website. Sumber Pexels
Tujuan pemerintah menggunakan press release biasanya memberikan penjelasan mengenai suatu hal kepada masyarakat. Seperti penjelasan mengenai kasus tertentu, pengumuman diberlakukan aturan tertentu dan sebagainya. Karena mungkin hal-hal tersebut bisa memicu spekulasi di masyarakat, maka penting untuk menyelenggarakan atau pengeluaran press release.

Press release sebenarnya menjadi tanggung jawab pemerintah dalam memberikan kejelasan informasi kepada masyarakat, namun saat ini press release terkadang digunakan oleh pemerintah untuk memberikan ´ultimatum´ atau semacam media untuk mengcounter pendapat masyarakat yang berbeda atau protes masyarakat.

Itulah ulasan mengenai press release yang bisa mendongkrak penjualan. Untuk menjalankan bisnis memang memerlukan strategi yang jitu. Salah Satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat press release. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk Anda.

Posting Komentar untuk "Press Release Bisa Mendongkrak Penjualan? Simak Ulasannya!"