Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Interior Rumah dan Peluangnya

Membangun bisnis atau usaha adalah cara terbaik ketika Anda memiliki idealisme yang tinggi dan tidak menginginkan bekerja menjadi pekerja. Salah satu usaha yang bisa Anda mulai adalah usaha interior rumah yang ternyata memiliki margin keuntungan yang tinggi. Seperti halnya bisnsi konstruksi, bisnis ini juga harus menggunakan perhitungan yang cermat.

Seperti bisnis pada umumnya, ketika margin keuntungan besar maka ketika terjadi kerugian juga akan menyebabkan kerugian yang besar. Dengan demikian pengalaman dan jam terbang pada bisnis ini sangat diperlukan. Tidak mudah memang ketika membangun sebuah bisnis dari awal dengan pengalaman atau pengetahuan yang minim.

Usaha Interior Rumah
AC ruang tamu. Sumber Pexels @max-artbovich

Seperti Apa Bisnis Interior?

Bisnis interior adalah bisnis yang bergerak dalam bidang desain, pembuatan dan atau proses pengaplikasian elemen-elemen interior yang dibuat untuk memperoleh nilai estetika, kenyamanan dan kualitas. Dengan kata lain bisnis ini mengurusi bagian dalam rumah mulai dari perancangan sampai pemasangan unsur atau elemen interior.

Karena berkaitan dengan beberapa aspek, maka pengerjaan interior rumah akan melibatkan beberapa tenaga ahli seperti desainer dan tukang kayu. Terkadang tukang kayu pun memiliki kecakapan masing-masing. Tukang kayu yang terbiasa dengan kayu solid terkadang tidak begitu jago jika mengerjakan material HPL, begitu sebaliknya.

Jenis Usaha Interior Rumah

Jenis usaha interior rumah biasanya terdiri atas tiga bagian pengerjaan yakni desain interior, pengerjaan furniture kayu costum dan spesialisasi pengerjaan material sejenis HPL.

Bisnis Desain Interior Rumah

Desain interior rumah atau bangunan lain menggunakan perangkat lunak desain. Karena itu, untuk membuat suatu desain interior bangunan diperlukan tenaga ahli yang mampu mengoperasikan perangkat lunak desain tersebut. Seorang desainer selain memiliki jiwa seni juga dituntut memiliki kemampuan untuk menggunakan alat.

Berbagai sekolah dengan jurusan desain interior telah hadir di berbagai kota Indonesia, dan saat ini jurusan desain interior menjadi salah satu jurusan yang memiliki banyak peminat. Bagaimana tidak, pekerjaan desainer adalah pekerjaan yang menyenangkan selain memiliki gaji yang lumayan tinggi dan peluang masih terbuka lebar.

Usaha Interior Rumah
Furniture. Sumber Unsplash.com @spacejoy

Usaha Interior Furniture Custom Kayu

Pernahkah Anda menemukan furniture dengan bentuk yang unik dan tidak pernah Anda temukan di toko mebel? Mungkin furniture yang Anda lihat tersebut adalah furniture yang dibuat secara custom dan tidak dijual umum. Jenis furniture custom ini tentunya memiliki harga yang lebih mahal karena dalam produksinya menyesuaikan keinginan konsumen.

Biasanya perusahaan interior juga menyediakan jasa pembuatan furniture custom. Usaha interior furniture custom memproduksi mebel dengan desain, ukuran dan material menyesuaikan dengan permintaan konsumen. Spesifikasi mebel yang diproduksi biasanya menyesuaikan dengan desain interior rumah secar keseluruhan.

Untuk kamar tidur misalnya. pelanggan bisa memesan berbagai mebel untuk kamar seperti dipan, meja rias dan mebel kamar lainnya. Jika dipan nantinya untuk meletakkan spring bed, maka ukuran dan bentuk dipan bisa disesuaikan sesuai kebutuhan. Biasanya spring bed yang dijual di toko springbed Jogja dan sekitarnya menyediakan ukuran standar.

Usaha Interior HPL

Seiring kemunculan produk kayu fabrikasi dan material lain seperti vinil yang bisa dikombinasikan dengan kayu maka sebagian besar produk interior saat ini menggunakan material tersebut. Selain karena semakin langkanya kayu solid maka menggunakan produk kayu fabrikasi memudahkan dalam pengerjaan interior.

Selain itu usaha interior HPL memberikan berbagai macam pilihan corak HPL. Anda bisa membuat interior seperti kitchen set dengan berbagai corak seperti corak marmer, corak kayu, dan bahkan bercorak logam. Corak dan tekstur tersebut ada pada lapisan sintetis HPL yang melekat pada material kayu.

Peluang Bisnis Interior, Apakah Menjanjikan?

Peluang bisnis interior saat ini masih terbuka lebar. Meskipun usaha sejenis telah ada dan berjalan, namun Anda bisa memulai bisnis interior dengan mengunggulkan ciri tertentu pada bisnis Anda. Mengapa peluang bisnis interior masih terbuka lebar?

Tren tidak pernah menurun

Tren menghias ruangan interior rumah dengan berbagai gaya, baik scandinavian, klasik maupun minimalis tidak pernah menurun dari waktu ke waktu. Bahkan bisa dibilang semakin lama, kesadaran orang untuk menata interior rumahnya dengan gaya tertentu menjadi semakin meningkat.

Ini sama halnya dengan peluang bisnis ini akan semakin terbuka lebar. Pastikan Anda memiliki value yang berbeda denga kompetitor Anda supaya Anda bisa mendapatkan pasar yang lebih kuat, baik itu desain eksklusif, pengerjaan tepat waktu, harga bersahabat dan sebagainya.

Permintaan tinggi

Permintaan dari bisnis interior rumah tinggi. Bahkan Anda jika Anda menggunakan jasa bisnis ini, Anda akan menunggu indent pengerjaan dari pelanggan sebelumnya. Disisi lain permintaan tinggi namun disisi lain perusahaan yang membuka jasa ini masih belum banyak. Anda akan mudah menemukan bisnis jasa interior di kota besar, namun untuk kota kecil masih sedikit.

Karena itu, Anda bisa mengambil peluang ini dengan membuka bisnis jasa interior rumah. Memang pangsa pasar dari jasa interior rumah biasanya ada pada segmen menengah ke atas. Akan tetapi bukan berarti Anda tidak memiliki atau susah dalam mendapatkan pasar. Segemen menengah ke atas harus Anda fokuskan pada bisnis ini.

Keuntungan besar

Keuntungan dari bisnis interior besar. Biasanya suatu produk custom memiliki margin keutungan besar jika dibandingkan dengan produk massal. Karena itu, bisnis interior akan mampu meraup keuntungan hingga 50%. Akan tetapi Anda perlu melakukan perhitungan detail untuk memastikan bahwa proyek Anda memiliki laba.

Usaha Interior Rumah
Furniture unsplash.com@spacejoy

Sebagaimana dengan bisnis yang memiliki margin keuntungan besar lainnya, bisnis ini jika mengalami kerugian juga akan menanggung kerugian dengan nominal besar. Biasanya kerugian terjadi karena kesalahan dalam perhitungan, kesalahan teknis dan kesalahan komunikasi antara pelanggan dan perusahaan.

Itulah ulasan mengenai usaha interior rumah beserta berbagai peluangnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya dan jangan lupa membaca artikel kami lainnya tentang beragam informasi property hanya di website ini. Terima kasih.







Posting Komentar untuk "Usaha Interior Rumah dan Peluangnya"