Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis – Jenis Furniture


Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan kata furniture. Ya furniture, furniture berasal dari kata Perancis yaitu fournir yang artinya perabot rumah. Dari zaman ke zaman furniture terus mengalami perkembangan. Furniture diera modern ini terus berkembang dan telah memiliki banyak jenis dan ciri khas tersendiri bagi setiap dan lingkungan tersendiri.

Nah berikut ini penulis menulis tentang pembahasan furniture yang sering digunakan. Menjelaskan tentang furniture baik dari pengertian furniture, fungsi furniture, dan jenis jenis furniture yang digunakan oleh manusia di zaman ini.
Mengenal Apa itu Furniture, Sumber: Unsplash/@heftiba

Apa itu Furniture?

Furniture yaitu barang – barang perlengkapan yang ada dalam rumah yang berfungsi untuk mendukung kebutuhan manusia ketika berada dalam rumahnya. Furniture secara umum terdiri dari meja, kursi, lemari dan masih banyak lainnya.

Furniture juga digunakan sebagai suatu media seni yang biasa sering dipasang di dinding atau tempat lain yang ada dalam ruangan untuk memberikan kesan indah dan memberikan kenyaman pemakainya ketika berada didalam ruangan atau rumah tersebut.

Fungsi Furniture

Furniture sangat tidak asing lagi dalam kehidupan kita memang tidak jarang dijadikan sebagai marketing property yang menguntungkan. Hal ini disebabkan fungsinya bagi kehidupan manusia. Berikut ini fungsi dari furniture yang sangat membantu memudahkan kebutuhan manusia.

1. Mendukung Tubuh Manusia Ketika Beraktifitas

Furniture sangat membantu mendukung kebutuhan manusia dalam kesehariannya sebagai tempat untuk tidur, sebagai tempat untuk duduk dan istirahat. Dengan begitu fungsi furniture tidak terpisahkan dengan kehidupan manusia.

2. Sebagai Tempat Penyimpanan

Furniture berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan berbagai barang. Furniture digunakan untuk menjadi rak buku sebagai tempat untuk penyimpanan buku, digunakan untuk lemari sebagai tempat untuk penyimpanan pakaian atau barang – barang lainnya.
Sebagai Tempat Penyimpanan Barang-barang, Sumber: Pinterest/
jayastainless.com

Dengan banyaknya furniture fungsional yang ada pada rumah anda sangat memberikan kemudahan bagi anda dalam mengatur tata letak perabotan di dalam ruangan rumah anda apalagi rumah yang minimalis yang membutuhkan penataan yang tepat.

3. Sebagai Interior

Sesuai dengan kebutuhan. Dengan adanya furniture yang difungsikan menjadi sebuah interior sehingga menjadikan tertatanya rumah atau kantor maka akan memberikan suasana ruangan yang tadinya lebih kelihatan monoton menjadi mempunyai nilai seni.

Dengan banyaknya fungsi dari furniture ini maka tidak heran bisa memberikan kemudahan dan juga menjadikan kehidupan lebih nyaman dengan suasana rumah yang indah dan rapi. Dengan begitu anda lebih nyaman dalam menjalankan aktifitas baik itu dari rumah seperti menjalankan berbagai macam bisnis dari rumah atau bisa memberikan kenyamanan bagi anda ketika seharian beraktifitas diluar rumah.

Jenis – Jenis Furniture

Berikut ini kami berikan informasi tentang jenis-jenis furniture yang digunakan dalam kehidupan kita.

1. Furniture Free Standing

Furniture free standing merupakan jenis furniture atau barang – barang perlengkapan rumah dengan model yang utuh atau sifatnya yang permanen dan tidak dapat dibongkar pasang. Penggunaan jenis furniture ini selain karena barangnya susah untuk dipindahkan biasanya digunakan pada ruangan yang agak luas Karena ukurannya yang besar.

Jenis – jenis perabotan rumah tangga yang termasuk jenis furniture free standing yaitu kursi, meja, lemari, sofa dan jenis tempat tidur yang memiliki ukuran yang besar.

2. Furniture Knockdown

Furniture jenis ini sangat cocok digunakan pada rumah atau jenis ruangan yang minimalis. Jenis furniture knockdown ini mempunyai jenis barang-barang yang bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan.

Tapi karena barang – barang jenis furniture ini sering dibongkar pasang memiliki kelemahan yaitu mudah rusak atau ada bagian – bagian barang mudah hilang dan tidak cocok untuk dipakai dalam waktu lama.

3. Furniture Mobile

Berbeda dengan jenis furniture free standing yang dalam pengaplikasiannya tidak mudah untuk dipindah pindah tempatkan furniture jenis ini adalah furniture dengan jenis konstruksi yang memiliki roda sehingga mudah untuk digerakan dari satu tempat ketempat lain.

4. Furniture Inflatable

Furniture jenis ini adalah furniture yang paling simpel karena penggunaannya yang tidak repot yang mana setelah digunakan perabotannya bisa langsung dilipat dan simpan serta tidak memakan tempat yang luas tapi tetap fungsional. Tetapi jenis furniture jenis ini paling rumit pembuatannya dibanding dengan jenis furniture lainnya.

5. Furniture Transformable

Furniture transformable merupakan salah satu jenis furniture yang multifungsi. Dan sebagian besar dari furniture bisa digunakan di rumah minimalis tidak terkecuali jenis furniture transformable ini.
Furniture Transformable, Sumber: Pinterest/
uxban.com

Karena sifatnya yang multifungsi ini lebih memiliki nilai jual yang tinggi tidak heran hal ini disebabkan proses pembuatan yang agak rumit yaitu memadukan 2 fungsi atau lebih menjadi 1 bentuk.

Dengan kemajuan zaman yang lebih modern seperti saat ini jenis furniture ini sangat diminati dan kini banyak tersedia pada toko furniture terdekat. Toko springbed Jogja yang juga menjual dan menyediakan berbagai macam perlengkapan furniture murah yang menjadi kebutuhan rumah anda.

6. Furniture Built In

Furniture jenis built in inflatable merupakan furniture yang digunakan untuk penyimpanan barang yang sifatnya permanen. Furniture sangat bersahabat dengan rumah yang minimalis karena lebih kondisional.

Juga bisa memanfaatkan ruangan kosong yang mungkin tidak mendapat perhatian sehingga bisa disulap menjadi interior yang indah dan fungsional misal seperti memasang lemari di bagian spasi yang dibawah tangga.

Itulah pengetahuan tentang jenis jenis furniture beserta fungsinya yang sangat membantu meringankan kebutuhan manusia didalam kehidupan sehari – hari. Semoga dengan artikel ini bisa memberikan manfaat juga lebih mengetahui dan bisa memaksimalkan fungsi dari tiap jenis – jenis furniturenya.

Posting Komentar untuk "Mengenal Jenis – Jenis Furniture"