Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melirik Peluang Besar Bisnis Percetakan Rumahan di Jogja

Di era pandemi ini, sebagian orang yang tinggal di wilayah Jogja banting setir untuk menjadi pengusaha kecil-kecilan. Usaha rumahan yang ditekuni oleh para pengusaha baru biasanya usaha makanan seperti frozen foods, snack, kue, hingga menu-menu yang sedang viral. Selain itu, banyak juga yang merambah dunia fashion dan sebagainya. Tapi, sadarkah Anda bahwa dengan menjamurnya usaha-usaha tersebut, peluang bisnis percetakan juga menjadi semakin terbuka lebar?

Peluang tersebut tentunya tidak bisa diabaikan. Pasalnya, keuntungan yang bisa diraih dari bisnis percetakan sendiri bisa dikatakan besar, apabila mendapatkan order pesanan dalam jumlah besar. Beberapa jenis produk cetak yang hampir semua orang tahu antara lain adalah baliho, spanduk, kartu undangan, flyer, hingga kartu nama. Selain itu terdapat jenis percetakan yang melayani pembuatan tali id card custom.

Mungkin ada sebagian orang yang mengira bahwa untuk memulai bisnis percetakan, diperlukan tempat khusus atau harus menyewa tempat. Namun, Anda tidak perlu khawatir sebab memulai bisnis percetakan dapat dijalankan dan dilakukan di rumah sendiri. Anda cukup menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk proses produksi cetak saja.

3 Teknik Dalam Dunia Percetakan

Terdapat tiga jenis teknis percetakan yang ada di pasaran. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1.      Percetakan Offset

Yang dimaksud dengan teknik percetakan offset adalah proses cetak yang menggunakan plat cetak dan silinder karet. Untuk proses produksinya, gambar bertinta dibuat pada plat cetak. Kemudian plat tersebut dicetak pada silinder karet. Setelah itu, barulah gambar dicetak pada kertas atau material lain yang diinginkan. Jenis produk yang dicetak melalui teknik ini misalnya buku, poster, dan brosur dalam skala yang besar.

2.      Percetakan Sablon

Sablon Manual
Proses sablon manual. Sumber : unsplash.com

Teknik cetak sablon merupakan salah satu teknik dalam percetakan yang menggunakan layar dengan kerapatan tertentu. Biasanya menggunakan bahan dasar nylon atau sutra. Contoh produk yang pembuatannya menggunakan teknik sablon adalah tas, kaos, dan sweater.

3.      Percetakan Digital (Digital Printing)

Saat ini, teknik percetakan digital paling digemari sebab proses produksinya yang tidak terlalu sulit. Faktor lainnya adalah percetakan digital bisa dilakukan meskipun di rumah sendiri. Digital printing merupakan teknik cetak yang menggunakan bantuan alat dimana hasil yang diberikan jauh lebih akurat apabila dibandingkan dengan teknik cetak manual.

Cara kerja dari teknik cetak digital pada umumnya menggunakan gambar yang sudah disiapkan berbentuk file, lalu dicetak melalui mesin printing khusus. Proses pencetakan dengan teknik ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Jenis Bisnis Percetakan Digital Yang Bisa Dilakukan di Rumah

Sektor yang bisa dijadikan peluang bisnis usaha percetakan digital sangatlah beragam. Perlu diingat bahwa jenis bisnis yang akan ditekuni sudah harus melalui berbagai riset, sehingga bisnis yang dijalankan pun bisa mencapai target yang diinginkan. Berikut adalah beberapa jenis produk yang bisa menjadi peluang usaha percetakan digital.

1.      Percetakan Kemasan Custom

Saat ini, banyak sekali usaha UMKM yang berjualan secara online. Kondisi tersebut tentu saja menjadi sebuah peluang besar bagi Anda yang ingin memulai bisnis digital printing rumahan. Anda bisa membuka jasa percetakan kemasan custom sebagai solusi bagi para entrepreneur.

Ilustrasi kemasan custom. Sumber : unsplash.com

Dengan membuka jasa percetakan kemasan produk, Anda tidak hanya bisa meraih keuntungan, tetapi Anda juga bisa membantu para pebisnis kelas menengah kebawah dalam mengembangkan bisnisnya dengan memberikan hasil produk kemasan yang berkualitas.

2.      Percetakan Cutting Sticker

Selain mencetak packaging box atau kemasan secara custom, Anda juga bisa membuka usaha percetakan cutting sticker. Pasalnya, peminat cutting sticker bisa berasal dari berbagai kalangan. Untuk memulai bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar. Anda bisa mempersiapkan komputer/laptop, mesin cutting sticker, software untuk menjalankan mesin cutting sticker, dan juga mesin printer.

Untuk desain stickernya sendiri, Anda bisa menyediakan layanan cetak sticker sesuai request konsumen (custom) atau apabila Anda handal dalam bidang desain grafis ataupun ilustrasi, Anda bisa memberikan pelayanan pembuatan cutting sticker beserta desainnya.

3.      Percetakan Case Handphone

Pembuatan case untuk handphone secara custom bukanlah hal yang asing lagi. Layaknya cutting sticker, peminat dari case handphone ini juga menyebar di penjuru negeri. Tak jarang seseorang yang memiliki 1 handphone, tetapi bisa memiliki lebih dari 2 case.

Tentu saja peluang ini tidak bisa dilewatkan. Apabila Anda ingin merambah bisnis percetakan case handphone, Anda perlu menyiapkan sebuah mesin heat press yang digunakan untuk membuat dan mencetak gambarnya. Alat lainnya yang perlu disiapkan adalah printer inkjet yang menggunakan tinta sublime berkualitas baik, sehingga case yang dihasilkan pun bisa memuaskan konsumen.

4.      Percetakan Undangan

Meskipun saat ini sebagian orang memilih untuk membuat undangan digital, akan tetapi peluang keuntungan dari bisnis percetakan undangan manual pun tidak kalah besar. Hal ini disebabkan, sebagian besar masyarakat di Indonesia, khususnya Jogja masih menggunakan kartu undangan sebagai alat informasi pemberitahuan acara penting seperti undangan pernikahan, khitanan, dan lain sebagainya.

Bisnis percetakan undangan. Sumber : unsplash.com

Beberapa hal yang perlu disiapkan untuk memulai bisnis percetakan undangan adalah computer, printer, tinta printer dan kertas undangan sebagai bahan bakunya. Selain itu, diperlukan tim khusus untuk membuat desain undangan yang menarik dan memiliki ciri khas tersendiri.

Peluang dalam menjalankan bisnis percetakan digital tentunya tidak terlepas dari bagaimana cara pebisnis tersebut bisa memahami cara mengenal konsumen atau targetnya. Suatu bisnis tidak akan berkembang dan bertahan lama jika target konsumen yang ditentukan tidak sesuai dengan apa yang pebisnis tawarkan.

Namun, apabila Anda ingin melakukan konsultasi terkait bagaimana membangun sebuah bisnis yang bisa mendapatkan atensi target, Anda bisa langsung menghubungi bisnisnote.com. Kunjungi halaman website kami untuk informasi lebih lanjut. Semoga bisnis yang ingin Anda bangun bisa membawa keberkahan tak hanya untuk Anda, namun untuk UMKM di Indonesia.


Posting Komentar untuk "Melirik Peluang Besar Bisnis Percetakan Rumahan di Jogja"